PENGEMBANGAN MODUL TRAINER PARKIR MOBIL SISTEM INFORMATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT PLC KELAS XI TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU-TULUNGAGUNG

  • Nabil Miftahudin . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Bambang Suprianto . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan modul trainer parkir mobil sistem infomatif  pada mata pelajaran PLC di Jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 3 Boyolangu dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini memakai one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI pada semester gasal berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar validasi modul, lembar angket respon siswa. Dan lembar soal pretest-posttest. Setelah divalidasi, dilakukan uji coba modul trainer parkir mobil sistem informatif kepada 30 siswa. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan mendapatkan data hasil validasi modul dari dosen dan guru ahli sebesar 89,34 % dengan kategori sangat baik. Respon siswa dengan adanya modul sebesar 83,87 % dengan kategori sangat baik. Dari data lembar soal pretest-posttest diketahui nilai pretest mendapatkan rata-rata 43,07 % sedangkan posttest mendapatkan rata-rata 88,67%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan modul trainer parkir mobil sistem informatif.

Kata Kunci: Modul, validasi modul, angket respon.

 

Abstract

This research and development are to develop trainer module informative system parking car for instructional media on PLC dictate in xi class of industrial automation engineering class in SMK Negeri 3 Boyolanggu-Tulungagung to increase the quality of student’s study. This research uses one grub pretest posttest. The subjects of this research are 30 students that in odd semester. The research instruments are validation module, student questionnaire responses and pretest posttest question. This research get validation from the expert teacher with the amount 89,34% that get very good predicate. The responses of the student get 83,87%  that get very good category. From the data of pretest question gets 43,07% and the posttest questionnaire gets 88,67%. This suggest and increase learning processes which use trainer module informative system parking car for instructional media.

Keywords: module, module validation, questionnaire response.

Author Biographies

Nabil Miftahudin ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Bambang Suprianto ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., N., & ., B. (2015). PENGEMBANGAN MODUL TRAINER PARKIR MOBIL SISTEM INFORMATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT PLC KELAS XI TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU-TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 41