PERBEDAAN HASIL BELAJAR STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI KELAS X TAV SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Afif Tauviqurrokhman . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz dengan pembelajaran konvesional pada mata pelajaran elektronika dasar di kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 7 Surabaya dan mengetahui keterlaksanaan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz di kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 7 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode Quasi Experimental Design menggunakan desain Nonequivalen Control Grup Design desain ini hampir sama  dengan Pretest-Posttest Control Grup Design dimana terdapat kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran aktif Team Quiz dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvesional, yang selanjutnya akan diberikan posttest untuk mengetahui  hasil belajar siswa  setelah mendapatkan perlakuan yang berbeda. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Audio Video 1 dan siswa kelas X Teknik Audio Video 2 SMK Negeri 7 Surabaya tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Aktif Team Quiz lebih baik dari hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvesional. Dengan kriteria pengujian H0 diterima apabila taraf signifikansi > 0,05 dan menolak H0 apabila taraf signifikansinya < 0,05. Apabila H0 ditolak dan H1 diterima berarti rata-rata kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dengan perolehan uji-T diperoleh nilai thitung = 5,962 > ttabel = 1,67. Nilai Akhir rata-rata kelas eksperimen sebesar 3,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 2,97; (2) hasil keterlaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini dapat dikategorikan baik dan terlaksana (rata-rata keterlaksanaan 3,00).

Kata Kunci: Team Quiz, hasil belajar, keterlaksanaan pembelajaran.

 

Abstract

The aim of this study are reveal the difference of student’s study output applying the active learning Team Quiz method and the conventional learning method in the basic electrical lesson, and know the applying system of the active learning Team Quiz method at tenth grade of Audio-Video Engineering in SMK Negeri 7 Surabaya. The use of this learning method is one of the learning strategies that can increase the responsibility and the active participation of the student in order to increase the student’s output study. This study is an experimental study that uses the Quasi Experimental Design method and applying the Nonequivalen Control Grup Design that almost the same with Pretest-Posttest Control Grup Design where there is experimental class that applies the strategy of active learning Team Quiz method and control class that applies conventional learning method, that later will be given posttest to know the result of student’s study output from the difference treatment. The object of this study is students at tenth grade of Audio-Video Engineering 1 and 2 in 2 SMK Negeri 7 Surabaya Year 2014 / 2015. With the trial criteria is H0 that concerned as received if the significance level is > 0,05 and it is concerned refused H0 if the significance level is < 0,05. When H0 is refused and H1 is received means that the average of the experimental class is better than the control class. The result of T-test is scored as tCount = 5,962 > ttable = 1,67. The average of the last score of the experimental class is 3,33 and the control class is 2,97; (2) the output of the applying the learning method in this study is categorized well and done (with average of  3,00)

Key words: Team Quiz, study output, the applying of the learning method.

Author Biographies

Afif Tauviqurrokhman ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., A., & ., L. (2015). PERBEDAAN HASIL BELAJAR STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI KELAS X TAV SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 7