PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELING THE WAY DENGAN BANTUAN SOFTWARE ESS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TIPTL DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Moch Nur Hidayatulloh Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Munoto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe modeling the way berbantuan software ESS, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung, (3) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe modeling the way berbantuan software ESS dan model pembelajaran langsung.  Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi  eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian non-equivalent ­control group pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Pada proses pembelajaran, peneliti menggunakan software ESS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe modeling the way pada ranah kognitif berkriteria tinggi dengan nilai rata-rata posttest paling tinggi lebih dari nilai rata-rata ideal yaitu 84,86 > 50 dengan signifikansi sebesar 0,000, (2) hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran langsung pada ranah kognitif berkriteria tinggi dengan nilai rata-rata posttest paling tinggi lebih dari nilai rata-rata ideal yaitu 78,78 > 50 dengan signifikansi sebesar 0,000, (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe modeling the way dan model pembelajaran langsung pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dengan signifikansi berturut-turut sebesar 0,014,  0,043 dan 0,028 serta nilai akhir sebesar 82,94 untuk kelas eksperimen dan 75,61 untuk kelas kontrol.

Kata kunci: kognitif, afektif, psikomotor, independent.

Abstract

This research aimed at: (1) describing the student learning outcome by applying cooperative learning model of, modeling the way type by means of ESS software support, (2) describing the student learning outcome by applying direct learning model, (3) describing the difference of student learning outcome by applying both models. The research method employed Quasi experiment (pseudo-experiment) with research design of non-equivalent control group pretest-posttest. The data analysis technique used t-test to figure out the difference of learning outcomes. During the learning process, the researcher used ESS software. The research result indicated that: (1) the student learning outcome after applying cooperative learning model of modeling the way type got high criteria with on the cognitive domain with the highest posttest average score exceeding the ideal average score, that was 84.86> 50 in wich significance was 0.000 , (2) the student learning outcome after applying direct learning model on the cognitive domain got high criteria with the highest posttest average score exceeding the ideal average score that was 78.78> 50 in wich significance was 0.000, (3) there are differences in learning outcomes between students who apply cooperative learning model of modeling the way type, and direct learning model in the cognitive, affective and psychomotor domain with consecutive significance of 0.014, 0.043 and 0.028 and the final score of 82.94 for experimental class as well as 75.61 for  control class.

Keywords: kognitif, afektif, psikomotor, independent.

Author Biographies

Moch Nur Hidayatulloh, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Munoto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Hidayatulloh, M., & ., M. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELING THE WAY DENGAN BANTUAN SOFTWARE ESS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TIPTL DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 41