PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS XI PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI I SIDOARJO

  • Bagus Wawanda . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran perencanaan dan instalasi sistem audio di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan uji-t sedangkan untuk aktivitas siswa selama praktik dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam persentase. Perlakuan pertama yaitu memberikan pengetahuan awal berupa penjelasan mengenai dasar-dasar dari kompetensi yang akan diajarkan. Langkah berikutnya,  guru memberikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran dan terakhir diadakan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode Pembelajaran konvensional dengan rata-rata hasil belajar 83.84 dan 79.258. (2) Hasil analisa aktivitas siswa selama praktik terhadap keseluruhan aspek pada lembar pengamatan aktivitas siswa dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berdasarkan masalah layak digunakan dalam proses pembelajaran (KBM).

Kata kunci : PBM, Konvensional, Hasil Belajar.

Abstract

This study aims to determine whether the results of student learning using problem based learning model is better than the conventional teaching methods on the subjects of design and installation of audio systems in SMK Negeri 1 Sidoarjo. In this study, the data collection methods used are through students' test results were analyzed using t-test for activity while the students during the practice were analyzed descriptively and quantitatively expressed as a percentage. The first treatment is to give initial knowledge in the form of an explanation of the basics of the competencies that will be taught. The next step, the teacher gives the learning process using the learning method and the last held post-test to determine student learning outcomes Based on the research results, we concluded that: (1) The results of students in the class using problem based learning model is higher than the class that uses the conventional learning methods with an average of 83.84 and 79 258 learning outcomes. (2) The results of the analysis of student activity during practice on all aspects of the student activity observation sheet can be concluded that the learning process using the learning model based on issues categorized as very good. This suggests that the learning model based problem feasible to use in the learning process (KBM).

Keywords: Problem Solving, Conventional, Student Results

Author Biographies

Bagus Wawanda ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., B., & Rusimamto, P. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS XI PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI I SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 6