PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TPTU SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO

  • Adytia Faridil Anam Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Subuh Isnur Haryudo Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa dan perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik. Rancangan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Bentuk dari desain ini adalah nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari uji thitung < ttabel (-24,089<-2,040) dan signifikansi 0,000 dengan nilai rata-rata pada hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berurutan sebesar 84,27; 81,45; dan 82,99. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan penerapan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran langsung, dilihat berdasarkan hasil dari nilai tHitung > tTabel (tHitung =  6,743; 5,888; dan 7,244. Dan nilai tTabel adalah 1,999) dan hasil nilai signifikansi secara berurutan yaitu 0,000; 0,000; dan 0,000 pada hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Kata kunci: TSTS, nonequivalent control  group design, Hasil Belajar.

 

Abstract

The aim of this study to determine the effect of cooperative learning model type Two Stay Two Stray to student learning outcomes and student learning outcomes difference between implementation of cooperative learning model type Two Stay Two Stray and direct instructional model in subject of work basic electromechanical. The draft design study is a quasi-experimental design (quasi-experimental design). The form of quasi-experimental designs are nonequivalent control group. The result of this research showed that (1) The cooperative learning model type two stay two stray has positive effect to student learning outcomes that is seen by tcount < ttable (-24,089 < -2,040) and significance value 0,000 with average on cognitive, affective and psychomotor student learning outcomes; (2) There was significance difference between implementation of cooperative learning model type Two Stay Two Stray and direct instructional model that is seen by tcount > ttable (tcount =  6,743; 5,888; dan 7,244. And  tTable was 1,999) and significance value were 0,000; 0,000; and 0,000 on cognitive, affective and psychomotor student learning outcomes.

Keywords: TSTS, Nonequivalent control group, Student Learning Outcomes.

Author Biographies

Adytia Faridil Anam, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Subuh Isnur Haryudo, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Anam, A., & Haryudo, S. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TPTU SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 25