PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TEKNIK AUDIO VIDEO STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • SYAFRUL hidayah HIDAYAH jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Tutor Teman Sebaya lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar kelistrikan di SMKN 3 Surabaya dan untuk mengetahui aktivitas tutoring, yaitu aktivitas tutor dan aktivitas siswa (tutee) pada kelas tutor teman sebaya. Desain penelitian yang digunakan adalah static group comparison.

Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar (post-test), lembar pengamatan aktivitas tutor dan lembar pengamatan aktivitas siswa (tutee). Prosedur dalam penelitian ini, yaitu tahap persiapan dan perencanaan penelitian, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir.

Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (XTAV1) adalah sebesar 79,36 dengan standar deviasi sebesar 5,23 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol (XTAV2) adalah sebesar 75,93 dengan standar deviasi sebesar 5,72, dengan hasil perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel, yaitu nilai thitung 2,62 dan ttabel pada taraf signifikansinya 5% (0,05) adalah 1,66. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor teman sebaya mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. (2) Hasil pengamatan aktivitas tutor dan aktivitas siswa (tutee) pada kelas pembelajaran tutor teman sebaya menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas tutor berada pada kategori “Selalu” yang berdasarkan rubrik pengkategorian, artinya setiap tutor aktif dalam kegiatan tutoring. Sedangkan untuk aktivitas siswa (tutee), rata-rata aktivitasnya berada pada kategori “Sering” yang artinya siswa juga aktif dalam kegiatan tutoring

Kata Kunci: tutor teman sebaya, hasil belajar siswa, aktivitas tutor dan aktivitas siswa (tutee).

 

Abstract

This research aims to determine whether the learning outcomes of students who learn by using Peer tutors learning method are better than students who learn by using conventional method on standard of competence, apply the basic of electricity in SMKN 3 Surabaya and to know the activities of tutoring, that is the tutor’s and the student’s (tutee) activities on peer tutor class. The study design used was the static group comparison.

The collection of data in this study were obtained through learning outcomes tests (post-test), tutors activities observation sheet and students (tutee) activities observations sheet. The procedures in this study, namely the stage of preparation and planning, implementation stage, and the final stage (data analysis).

From the results obtained, shows that: (1) The average of learning outcomes of experimental class (XTAV1) is equal to 79.36 with standard of deviation is equal to 5.23 and the average of learning outcomes of control class (XTAV2) is equal to 75.93 with standard of deviation is equal to 5,72, with the results of the t-test’s calculation to come by tcount > ttable, i.e. the value of tcount is 2.62 and the value of ttable on the significance level of 5% (0.05) is 1.66. Based on the results of the above study, then it can be inferred that the learning outcomes of classes that use peer tutors learning method has a better than conventional learning classes. (2) The results of the observation activities of tutors and activities of students (tutee) in the peer tutors learning class shows that the average activities of tutors in the "Always" category, which was based on the rubric designation, meaning that every tutors are active in tutoring activities. As for the activities of the students (tutee), average activities in the "Often" category to mean students are also active in tutoring activities.

Keywords: peer tutors, students learning outcomes, tutors and students (tutee) activities.

Author Biography

SYAFRUL hidayah HIDAYAH, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
HIDAYAH, S. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TEKNIK AUDIO VIDEO STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 15