PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

  • AINUL Yaqin YAQIN jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran problem solving pada kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol pada mata pelajaran dasar-dasar kelistrikan. Tujuan penelitian apakah pengaruh penerapan metode pembelajaran problem solving dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada standart kompetensi dasar – dasar kelistrikan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto.

Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen (penelitian semu), Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran problem solving dan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional, yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas X EI 1 dan satu kelas kontrol yaitu kelas X EI 2. Untuk memperoleh data yang meliputi tes. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji-t satu pihak.

Hasil penelitian ini memberikan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode problem solving mengalami peningkatan yang tinggi dengan kemajuan belajar mencapai 22,5 dan hasil rata-rata sebesar 79,54 dengan standar deviasi 4,97 yaitu kelas eksperimen (EI 1), sedangkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode konvensional mengalami peningkatan yang sedang dengan kemajuan belajar mencapai 19,83 dan hasil rata-rata sebesar 76,52 dengan standar deviasi 3,50 yaitu kelas kontrol (EI 2), jadi hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran problem solving lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,795 > ttabel = 1,67. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan pembelajaran problem solving mempunyai nilai hasil belajar yang lebih signifikan daripada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.

 

ABSTRACT

This research aims to know the results of student learning using learning method of problem solving in classroom experimentation and conventional learning methods on the control class on subjects basics of electricity. The purpose of the research is the influence of the application of the method of learning problem solving compared to conventional learning to the learning outcomes of students in basic competency standard – basic electricity at SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto.

This research method using the method of quasi experiment (pseudo research), the treatment given to the experimental class are learning problem solving and control classes were given the conventional learning, which consists of a single classroom experiments that E.I. 1 X class and a class that controls the X class EI 2. To obtain data which covers the test. Data analysis techniques using similarity test two average i.e. test-t one party.

The results of this research that a student learning outcome learning using method of problem solving experience increased with a high learning progress reached 22.5 and the average results of the experimental class 79,46 with standart deviation 4,97 (EI 1), while the results of the learning of students who are learning by using conventional methods is being increased with the advancement of learning and the results reached 19,83 average of 76,52 with standart deviation 3,50 i.e. the control class (EI 2), so the results of student learning using learning methods of problem solving is better compared with the results of student learning using conventional learning and calculations using the t test retrieved thitung = 2,795 > ttabel = 1,67. Based on the results of the above research then it can be inferred that the classes that use a learning problem solving learning outcomes has a value that is more significant than the classes that use conventional learning.

 

Kata kunci: pemecahan masalah, konvensional, dasar kelistrikan

 

Author Biography

AINUL Yaqin YAQIN, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
YAQIN, A. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 115