PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP BOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 SAMPANG

  • Muhammad Syarif Hidayatullah Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis flip book maker yang layak digunakan pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 1 Sampang ditinjau dari validitas , efektivitas dari ketuntasan tes hasil belajar dan hasil respon siswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implement and Evaluate ) dengan 5 (lima) tahapan yaitu (1) tahap analisis (2) tahap desain (3) tahap pengembangan (4) tahap pelaksanaan (5) tahap evaluasi. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain one-shoot case study pada kelas X TEI 1.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis  flip book maker pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 1 Sampang mendapatkan penilaian rata-rata 82,63% termasuk dalam kategori sangat valid. Penggunaan media pembelajaran berbasis flip book maker terbukti lebih efektif digunakan untuk pembelajaran elektronika yaitu dengan tercapainya prestasi belajar siswa sesuai KKM yang ditetapkan .  Respon siswa mendapatkan penilaian sebesar 81,50% termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Flip Book Maker, ADDIE.

 

Abstract

The purpose of this research is to produce proper learning media based on flip book maker that is used in the subjects of basic electronics in SMK Negeri 1 Sampang terms of validity, effectiveness of result test and result of students response.

This research used ADDIE  (Analysis, Design, Development, Implement and Evaluate) research methods with 5 (five) stages, namely: (1) analysis stages (2) design stages (3) development stages (4) implementation stages (5) evaluation stages. The trial design which used in this research was a one-shoot case study design in X TEI 1 class.

The result of the research showed that the learning media based on flip book maker in the subjects of basic electronics in SMK Negeri 1 Sampang got an average assesment of 82,63% is included in the category of very valid . The use of learning media based on flip book maker was more effective to be employed in the electronics subject, seen from the students learning achievement which reached the minimum passing-criterion (KKM). Students response got an average of 81,50% is included in the category of very decent. This, shows that learning media was produced is proper to be used as learning media.

Keywords: Learning Media, Flip Book Maker, ADDIE.

Author Biographies

Muhammad Syarif Hidayatullah, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Hidayatullah, M., & ., L. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP BOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 SAMPANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 507
PDF Downloads: 802