PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE AIR KOMPETENSI DASAR GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN

  • Abd Halim . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran rangkaian digital berbasis Adobe AIR. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran rangkaian digital. Sasaran penelitian yaitu kelas X TEI di SMK Negeri 2 Bangkalan semester ganjil tahun ajaran 2015/2016.

Metode penelitian yang digunakan adalah Model Waterfall Pressman yang terdiri dari lima fase yaitu: (1) Communicatin, (2) Planning, (3) Modeling, (4) Construction, (5) Deployment. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket dan metode tertulis. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis tingkat rating, rerata, persentase skor, tabulasi tabel, dan penarikan kesimpulan.

Media pembelajaran rangkaian digital ini dibuat menggunakan software Adobe Flash dan telah divalidasi dengan hasil rating rerata sebesar 84,63% dengan kriteria nilai sangat baik. Respon siswa terhadap media pembelajaran rangkaian digital dengan hasil rating rerata sebesar 88,58% dengan kriteria nilai sangat baik. Hasil belajar siswa diperoleh rerata pretest sebesar 1,55 dan rerata posttest sebesar 2,83, dari nilai tersebut dapat diketahui bahwa rerata postest lebih besar dari rerata pretest, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran meningkat.

Kata kunci: Adobe AIR, Waterfall, Rangkaian Digital.

Abstract

This study aims to determine the feasibility of learning media digital circuit based Adobe AIR. In addition, this study also aims to determine the response of students and student learning outcomes after using instructional media digital circuits. Target research is class X TEI at State Vocational High School 2 Bangkalan semester of the school year 2015/2016.

The method used is the model Waterfall Pressman which consist of five phases: (1) Communication, (2) Planning, (3) Modeling, (4) Construction, (5) Deployment. Data collection technique in this research using questionnaires and written method. Analysis method is by using presentation of data, rating level analysis, average, score percentage, table of tabulation, and conclusion.

Learning media digital circuit is made using Adobe Flash software and have been validated with the average rating at 84,63% with very good value criteria. Students response to the learning media digital circuit with the average rating at 88,58% with very good value criteria. As well as the learning outcomes of students obtained a pretest mean at 1,55 and posttest mean at 2,83, of the value can be seen that the average posttest is greater than the average pretest, so it can be concluded that students learning outcomes after a given learning using learning media increased.

Keywords: Adobe AIR, Waterfall, Digital Circuit.

Author Biographies

Abd Halim ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
., A., & Sumbawati, M. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE AIR KOMPETENSI DASAR GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 84