PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI KELAS X/ELIND SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN SAMPANG

  • SAFE fiza FIZA SUCAHYO jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan mengunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dan model pembelajaran langsung.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tambelangan Sampang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X/ELIND 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas X/ELIND 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah. Untuk analisis data digunakan statistic uji t.

Berdasarkan uji hipotesis 1 didapatkan thitung = 85,02 > ttabel= 1,70 dan =  83,34 > ideal = 50 sehingga hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung termasuk kategori tinggi, sedangkan dari uji hipotesis 2 didapatkan  thitung = 62.03 > ttabel= 1,70 dan = 72,46 > ideal = 50 sehingga hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dikategorikan rendah. Untuk uji hipotesis 3 menggunakan uji-t dua pihak diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dari kelompok eksperimen berbeda dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol karena thitung tidak berada pada -t(1-½ α) < thitung < t(1-½ α) dimana nilai thitung sebesar 5,59 sedangkan ttabel atau t(1-½ α) sebesar 2,00.

Kata kunci : Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar

 

Abstract

The purpose of this research are: (1) to determine student learning outcomes using direct instructional model (2) to determine student learning outcomes using problem-based learning models (3) to determine differences in student learning outcomes using problem-based learning models and learning models directly.

This research was conducted in SMK Negeri 1 Tambelangan Sampang. The research method used was Quasi Experimental Design with research design Nonequivalent Control Group Design. The subjects of this study were students of X/ELIND 1 class as experimental class using direct instruction model and X/ELIND 2  class as a control class using a problem-based learning models. For statistical file analysis used the t test.

Based on test hypothesis 1 obtained t test = 85.02> ttable = 1.70 and = 83.34> ideal = 50 so that the ideal of student learning outcomes using direct instructional model, including the high category, while the second hypothesis test obtained t test = 62.03>  ttable =1.70 and = 72.46> ideal = 50 so that the ideal of student learning outcomes using problem-based learning models is considered low category. To test the three hypotheses using t-test two parties obtained an average student learning outcomes from different experimental groups with an average yield grade control study because t test not at  -t (1 - ½ α) <t test <t (1 - ½ α) which amounted to t test are 5.59 whereas ttable or t (1 - ½ α) of 2.00.

Keywords: Problem Based Learning, Direct Instruction, Outcomes of Learning

 

Author Biography

SAFE fiza FIZA SUCAHYO, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
FIZA SUCAHYO, S. (2013). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI KELAS X/ELIND SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN SAMPANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 20