PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 SAMPANG

  • Maulana Iqbal Ahadiyanto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran teknik elektronika dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar pada saat diterapkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dan menggunakan model pembelajaran langsung. Kemudian kedua hasil belajar tersebut dibandingkan untuk memperoleh hasil belajar yang terbaik. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Grup Design, yang termasuk kategori eksperimen semu (True Eksperimental Design). Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament), sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Kemudian dengan membandingkan kedua hasil belajar tersebut, diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji-t diperoleh thitung = 7,829 dan ttabel = 1,66 sehingga dikatakan thitung > ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) ini dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih menarik. Siswa dapat lebih aktif dan berpikir kreatif dalam memecahkan permasalahan atau mencari jawaban, sehingga dapat meningkatkan minat dalam belajar. Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang perbandingan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dan model pembelajaran langsung pada materi dan sekolah yang berbeda.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournament), Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar Siswa.

 

Abstract

This study aims to determine differences learning outcomes of students who use cooperative learning TGT (Team Games Tournament) model and direct instructional model in basic electronics engineering subject. This study aims to determine the student activity during learning activities when applied using cooperative learning model TGT (Team Games Tournament) and use direct instructional model. Both the learning outcomes compared to obtaine the best learning results. The method used to achieve these objectives is experimental research method. Desingn study used is Posttest Only Control Group Design, which includes a quasi-experimental category TGT (Team Games Tournament). Experiment class uses cooperative learning TGT model, while for control class uses direct learning model. Then, by comparing the results of study, it is known that the cooperative learning TGT  (Team Games Tournament)  model is higher than direct learning model. It was evidenced by the t-test results obtained t = 7.829 and ttable = 1.66 so that could be said tcount> ttable with significance level α = 0.05. Cooperative learning model TGT (Team Games Tournament) can be used as an alternative in the learning process so that the learning process more interesting. Students can be more active and creative thinking in solving problems or finding an answer, so as to increase interest in learning. Further research should be done on a comparison of cooperative learning of TGT (Team Games Tournament) and learning models directly on the material and the different schools.

Keywords: Cooperative Learning Type TGT (Team Game Tournament) model, Direct Learning Model, Student Learning Result.

Author Biographies

Maulana Iqbal Ahadiyanto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Ahadiyanto, M., & Sumbawati, M. (2016). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 SAMPANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 33