PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Mega Astutik . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Software Lectora Inspire adalah program yang digunakan untuk membuat E-learning multimedia pembelajaran dan presentasi dengan computerize. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kurikulum 2013 serta media pembelajaran ini akan membantu peran guru mengajar agar mempermudah tercapainya tujuan belajar. Penelitian ini akan mengungkap kelayakan produk MERAPI (media pembelajaran berbantuan software lectora inspire), respon siswa, serta ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Listrik. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap, yaitu: (1) studi Pendahuluan, (2) merancang desain media pembelajaran, (3) validasi dan revisi, (4) uji coba media pembelajaran pada siswa kelas X jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Surabaya dengan menggunakan desain uji coba One-Shot Case Study dan revisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil kelayakan produk memperoleh persentase 87,37% dan masuk dalam kriteria sangat layak, (2) hasil respon siswa memperoleh persentase 91,72% dan masuk dalam kriteria sangat baik, (3) ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh persentase 94,87% serta nilai rata-rata kelas sebesar 3,35 yang dilambangkan dengan huruf B+.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Software Lectora Inspire,Hasil Belajar.

 

Abstract

Lectora Inspire Software is a program used to creates E-learning multimedia and presentation by computerize. The aims of this research are to develop interactive learning media according to Curriculum 2013, also, this learning media will help teachers role when teaching in order to ease the achievement of learning goals. This research will reveals the properness of MERAPI (learning media assisted with Lectora Inspire Software), student response, and the completeness of learning achievement on subject of Electrical Engineering. Method used is Research and Development (R&D). This research conducted in four stages, they are: (1) preliminary study, (2) planning learning media design, (3) validation and revision, (4) learning media testing on grader X Audio Video department in SMK Negeri 2 Surabaya by using testing design One-Shot Case Study and revision. Research yield shows that: (1) result of product properness obtained 87.37% and included in very proper criteria, (2) result of student response obtained 91.72% and included in very good criteria, (3) the completeness of student learning achievement obtained 94.87% and the average of classroom score was 3.35 which denoted with B+.

Keywords: Learning media, Lectora Inpire Software, Learning achievement.

 

Author Biographies

Mega Astutik ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
., M., & Rusimamto, P. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 4334