IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MACAM-MACAM RANGKAIAN FLIP-FLOP SISWA KELAS X TEI DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN

  • Nurul Khoiriyah . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, dan Satisfaction (ARIAS) yang valid (2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, dan Satisfaction (ARIAS) terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam rangkaian flip-flop. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah one shot study design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TEI SMK Negeri 2 Bangkalan. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tulis.

Temuan dari penelitian ini adalah (1) adanya kelayakan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini, hal ini  ditunjukkan dengan nilai validasi silabus adalah 77% termasuk dalam kriteria valid, nilai validasi RPP adalah 89% termasuk dalam kriteria sangat valid, nilai validasi handout adalah 86% termasuk dalam kriteria sangat valid, nilai validasi LKS adalah 80% termasuk dalam kriteria valid dan nilai validasi soal posttest adalah 86% termasuk dalam kriteria sangat valid (2) adanya pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan  dengan nilai t hitung sebesar 12.595, nilai ttabel sebesar 2.40 dan nilai p value sebesar 0.000 dengan taraf signifikansi sebesar α = 0.05. Dikarenakan nilai t hitung (12.595) > t ttabel = 2.40 dan nilai p value (0.000) < nilai α = 0.05, maka t hitung terletak  daerah penolakan H0.

Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS dan hasil belajar siswa.

 

Abstract

This research aims for (1) to produce of the expediency learning equipment with the Assurance, Relevance, Interest, and Satisfaction (ARIAS) learning model (2) to know of the influence of Assurance, Relevance, Interest, and Satisfaction (ARIAS) learning model toward the student learning achievement in basic competency implement various flip-flop circuit. This type of research was experimental and research design used was one shot study design. The subjects in this study were students of class X TEI in SMKN 2 Bangkalan. The instruments used was written assessment.

The finding of this research were (1) the expediency of learning equipment in this research, it was shown the result of validation the syllabus was 77% included in the valid criteria, the result of validation the RPP was 89 % included in the very valid criteria, the result of validation the handout was 86% included in the very valid criteria, the result of validation the LKS was 80%  included in the valid criteria, and the result of validation the posttest question was 86% included in the very valid criteria (2) there was the influence of the ARIAS learning model toward student learning achievement, this was indicated with tvalue was 12.595,  a value of ttable was 2.40 and p value was 0.000 with a significance level of α = 0.05. due to the value of the tvalue (12.595) > ttable = 2.40 and p value (0.000) < α = 0.05, then tvalue was located on the rejection of H0.

Keywords : ARIAS learning model, student learning achievement.

 

Author Biographies

Nurul Khoiriyah ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
., N., & Rusimamto, P. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MACAM-MACAM RANGKAIAN FLIP-FLOP SISWA KELAS X TEI DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 114