PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEI DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

  • Nuril Huda . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • I Gusti Putu Asto B Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa, (2) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa, (3) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe jigsaw dan model Pembelajaran Langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode Quasi eksperimental design dan menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Pada penelitian ini digunaka dua kelas sebagai sample, yaitu kelas X TEI 2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas X TEI 1 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaraan langsung. Teknik analisis data menggunakan Uji t untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang didahului dengan uji persyaratan (normalitas dan homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa dimana didapati nilai koefisien korelasi sebesar 0,792 > 0 (nol) dengan nilai thitung (49,787) > ttabel (2,040) pada taraf signifikansi 0,05 dengan selisih rata-rata (posttest-pretest) sebesar 1,0938, pengaruh tersebut sangat signifikan dimana nilai signifikansi yang didapat adalah 0,00 < dari taraf sigifikansi 0,01. (2) Model pengajaran langsung memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa dimana didapati nilai koefisien korelasi sebesar 0,586 > 0 (nol) dengan nilai thitung (24,080) > ttabel (2,037) pada taraf signifikansi 0,05 dengan selisih rata-rata (posttest-pretest) sebesar 1,0909, pengaruh tersebut sangat signifikan dimana nilai signifikansi yang didapat adalah 0,00 < dari taraf sigifikansi 0,01. (3) Perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen (3,050) dengan kelas kontrol (2,927) adalah sebesar 0,1227. Perbedaan tersebut dinilai signifikan dimana didapati nilai thitung (2,387) > ttabel (1,998) dengan nilai signifikansi yang didapat 0,02 < dari taraf sigifikansi 0,05. Dengan demikian maka rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kelompok tipe jigsaw (3,050) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pengajaran langsung (2,927).

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, model pembelajaran langsung, hasil belajar.

Abstract

This study aim to: (1) Describe the effect of cooperative learning model type Jigsaw about Student learning outcomes, (2) Describe the effect of direct instruction model about Student learning outcomes, (3) Describe the difference in learning outcomes of Students by implementing a cooperative learning model type jigsaw and direct instruction model. This kind of study is an experimental study by using method Quasi eksperimental design and use study design non-equivalent control group design. In this study used two classes as samples, that is: class X TEI 2 as an experiment class that learned with the cooperative learning model type Jigsaw and class X TEI 1 as an control class that learned with the direct instruction model. Technique data analysis using a t-test to determine differences in average student learning outcomes preceded by the test requirement (normality dan homogeneity). Study show that: (1) Jigsaw cooperative learning model has a positive effect on student learning outcomes where obtained value of the correlation coefficient is 0.792 > 0 (zero) with the value of tcount (49,787) > ttable (2,040) at significance level 0,05 with an average difference (posttest-pretest) at 1,0938, the effect is very significant where the significance value obtained is 0,00 < from the level of significance 0,01. (2) Direct instruction model has a positive effect on student learning outcomes where obtained value of the correlation coefficient is 0,586 > 0 (zero) with thevalue of tcount (24,080) > ttable (2,037) at significance level 0,05 with an average difference (posttest-pretest) at 1,0909, the effect is very significant where the significance value obtained is 0,00 < from the level of significance 0,01. (3) The average difference in learning outcomes between experimental class (3.050) with the control class (2.927) is equal to 0.1227. The difference is considered significant where obtained value tcount (2,387) > ttable (1,998) with significance value obtained is 0,02 < from the level of significance 0,05. Therefore the average student learning outcomes which uses cooperative learning model type jigsaw (3,050) better than students who use direct instruction model (2,927).

Keywords: Cooperative lerning model type jigsaw, Direct instruction model, learning outcomes

Author Biographies

Nuril Huda ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
I Gusti Putu Asto B, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
., N., & Asto B, I. G. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEI DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 21