PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE PROTEUS PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Miftahul Mukminin . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Agus Budi Santosa Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujan untuk: (1) mengetahui apakah pengaruh media pembelajaran software proteus 8 profesional terhadap hasil belajar siswa menunjukan hasil yang lebih baik pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya, (2) mengetahui apakah pengaruh media pembelajaran software proteus 8 profesional terhadap aktivitas belajar siswa menunjukan hasil yang lebih baik pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental design dengan jenis desain Nonequivalent Control Group design. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa digunakan lembar pengamatan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil dari uji t pada hasil belajar siswa didapat hasil tHitung sebesar 5,113. Sedangkan nilai tTabel = t(1-a) = t(1-0,05) = t(0,95) dengan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 – 2 = 61. Tabel distribusi t ditentukan pada α = 0,05:2 = 0,025 (uji 2 sisi) adalah 2,000. Maka nilai tHitung > tTabel. Sehingga, prioritas H0 ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya adalah pengujian berdasarkan signifikansi, nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000. Sedangkan nilai signifikansi yang telah ditentukan sebesar 0,05. Karena 0,000<0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif/peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung menggunakan software proteus 8 profesional pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika. (2) Ativitas belajar siswa pada model pembelajaran langsung menggunakan Software Proteus 8 profesional lebih baik dari pada ativitas belajar siswa dalam model pembelajaran langsung tanpa Software Proteus 8 profesional.

Kata kunci: Model Pembelajaran langsung, Software Proteus 8 profesional, dan penerapan rangkaian elekronika.

Abstract

This research aims to: (1) find out the influence of learning media Proteus 8 profesional software toward the students’ study result whether it shows better result to the application of electronic circuit subject in SMK Negeri 3 Surabaya, (2) find out the influence of learning media Proteus 8 profesional software toward students’ learning activities whether it shows better result to the application of electronic circuit subject in SMK Negeri 3 Surabaya.

Research method used is Quasi Experimental design in kind of Nonequivalent Control Group design. Meanwhile, the data analysis technique used t test to figure out the difference of the students’ study result. Observation sheet used to know the students’ learning activities.

The research result shows that: (1) according to the result of t test toward the students’ study result, tHitung is 5,113. Meanwhile, the value of tTable = t(1-a) = t(1-0,05) = t(0,95) under degrees of freedom (df) = n1 + n2 – 2 = 61. The table of t distribution determined from α = 0,05:2 = 0,025 (2 sides test) is 2,000. Then, the value of tHitung > tTable. Therefore, the priority of H0 rejected and H1 accepted. Next, test based on significance, the significance value obtained is 0,000. Whereas the significance value determined is 0,05. Because of 0,000<0,05, then H1 accepted and H0 rejected. Thus, it can be concluded that (1) there is positive influence or improvement toward the students’ study result using direct learning model Proteus 8 profesional software to the application of electronic circuit. (2) the students’ learning activities using direct learning model Proteus 8 profesional software is better than direct learning model without using Proteus 8 profesional software.

Keywords: Direct learning model, Proteus 8 profesional software, and application of electronic circuit.