Pengaruh Strategi Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio di SMK Negeri 2 Surabaya

  • SURYO budi BUDI SUSANTO jurusan teknik elektronika FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) hasil belajar siswa kelas X TAV yang menggunakan strategi learning starts with a question, (2) hasil belajar siswa kelas X TAV yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) membandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi learning starts with a question dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sasaran penelitian yaitu kelas X TAV di SMKN 2 Surabaya tahun ajaran 2012/2013. Metodologi penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “ Nonequivalent Control Group Design ”. Metode pengumpulan data menggunakan angket, hasilnya dianalisis secara deskriptif dan t-tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar kelas eksperimen termasuk dalam kriteria tinggi, hal ini ditunjukkan dengan nilai Ttest lebih besar Ttabel (32,82>1,71) dan nilai rata-rata observasi lebih tinggi dari nilai rata-rata ideal (50). (2) hasil belajar kelas kontrol termasuk dalam kriteria tinggi, hal ini ditunjukkan dengan nilai Ttest lebih besar Ttabel (23,48>1,71) dan nilai rata-rata observasi lebih tinggi dari nilai rata-rata ideal (50). (3) hasil belajar siswa yang didapatkan menggunakan strategi learning starts with a question lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai Ttest lebih besar Ttabel (9,529>1,67).

Kata Kunci: Strategi learning starts with a question, model konvensional dan hasil belajar siswa.

 

Abstract

This study aims to: (1) learning outcomes of class X TAV students who use learning strategies starts with a question, (2) learning outcomes of class X TAV students who use  models conventional learning, (3) compare student learning outcomes to learn use learning strategies starts with a question by using conventional learning models. Objective research is a class X TAV in SMKN 2 Surabaya academic year 2012/2013. The methodology of this research is experimental research design used is “ Nonequivalent Control Group Design ”. Methods for collecting data using questionnaires, the results were analyzed by descriptive and t-test.

The results showed that: (1) learning outcomes in the classroom experiments, including high criteria, it is indicated by the value Ttest more Ttabel (32.82> 1.71) and the average value of observations is higher than average ideal (50). (2) learning outcomes in the classroom control, including high criteria, it is indicated by the value Ttest more Ttabel (23.48> 1.71) and the average value of observations is higher than average ideal (50). (3) learning outcomes student obtained using learning strategy starts with a question higher than on student learning outcomes using conventional learning models, this is evidenced by the value of Ttest more Ttabel (9.529> 1.67).

Keywords: Learning strategy starts with a question, the conventional model and student learning outcomes.


Author Biography

SURYO budi BUDI SUSANTO, jurusan teknik elektronika FT unesa
jurusan teknik elektronika FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
BUDI SUSANTO, S. (2013). Pengaruh Strategi Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 19