PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE PROTEUS PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGAMBAR TEKNIK ELEKTRONIKA MENGGUNAKAN KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

  • Widya Permana Putra Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) membuat modul pembelajaran menggambar teknik elektronika yang layak digunakan pada standar kompetensi menggambar teknik elektronika menggunakan computer di SMK Negeri 1 Driyorejo, (2) mengetahui respon siswa terhadap modul menggambar teknik elektronika, dan (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran menggambar teknik elektronika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan  model Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian ini menggunakan  One Shoot Case Study dimana dalam desain penelitian ini mengambil satu sampel kontrol sebagai pembanding. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis rating, rerata, persentase skor serta kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran menggambar teknik elektronika yang telah divalidasi dengan mendapatkan rata-rata skor rating 87,33% dengan kriteria nilai sangat baik. Dari hasil respon siswa terhadap modul pembelajaran didapat rata-rata skor 74,52% dengan kriteria nilai baik. Hasil belajar siswa diperoleh skor rata-rata 82, sedangkan ketuntasan klasikal diperoleh persentase sebesar 96.15%. hasil tersebut berada diatas ketuntasan klasikal minimal sebesar 75%. Dengan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa pembelajaran ini dikatakan tuntas. Hal ini membuktikan bahwa modul pembelajaran menggambar teknik elektronika dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dikelas.

Kata Kunci: media pembelajaran, modul.

Abstract

The purpose of this research are (1) To make electronics engineering drawing  module which suitable for based competence drawing techniques using computer electronics in SMK Negeri 1 Driyorejo, (2) To know the student study result after using electronics engineering dawing learning module, and (3) to know  the students responses toward electronics engineering drawing learning module. The research is devolepment research with using model Research and Development (R&D). The subjects of this research are the 26 students from electronic industry engineering grade XI. This research use One Shoot Case Study design which pick only one control sample as comparison. The data analysis are the data presentation, rating analysis, the average of data, score percentage, and conclution. The result of this research is electronics engineering drawing learning module that has been validated which get rating score average as big as 87.33% with a very good criteria. The result from students responses toward the learning module are obtained 74.52% average score with a good result criteria. The students learning results get 82 average score and classical completeness are above the minimum value which 75%. Those result can be classified that this learning is complete and success. It’s proves that the electronics engineering drawing learning module is suitable as a learning media in class.

Keywords: learning media, modules.

Author Biographies

Widya Permana Putra, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Putra, W., & ., L. (2016). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE PROTEUS PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGAMBAR TEKNIK ELEKTRONIKA MENGGUNAKAN KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 165