PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Moh. Ridwan Hanafi Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan respon siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Audio Video-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa kelas XI Teknik Audio Video-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai akhir kelas eksperimen sebesar 3,61 dan rata-rata nilai akhir hasil belajar kelas kontrol sebesar 3,30. Pada perhitungan uji t didapat hasil tHitung sebesar 7,534. Sedangkan nilai tTabel adalah 2,000, nilai tHitung > tTabel.  Sehingga, prioritas H0 ditolak dan H1 diterima. Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mendapat tanggapan positif  dengan presentase sebesar 82,55%. Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat dikategorikan sangat baik dengan rata-rata respon yang mencapai 82,55%.

Kata Kunci: Jigsaw, Hasil Belajar, Respon Siswa.

 

Abstract

The aim of this study were to find out the learning outcome and students’ responses toward Jigsaw cooperative learning. The methods that be used in this study was Quasi Experimental Design. The sample of this study was XI TAV-1 as an experimental class which used Jigsaw cooperative learning and XI TAV-2 as a control class which used direct instruction. The result shown the average of final exam in experimental class was 3.61 and the average of final exam as control class was 3.30. Using t-test, the result of tCalculate was 7.534. While tTable was 2.000, tCalculate > tTable. So, H0 was rejected and H1 was accepted. Students’ response towards Jigsaw cooperative learning had a positive response by 82.55%. Based on the study could be made conclusion that student’s result of Jigsaw cooperative learning better than student’s result of direct instruction. Students’ responses toward Jigsaw cooperative learning could be categorized as great by the average response was 82.55%.

Keywords: Jigsaw, Learning Outcome, Students’ Responses.

Author Biographies

Moh. Ridwan Hanafi, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Hanafi, M., & ., L. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 47