PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STUDIO’13 KOMPETENSI DASAR ARSITEKTUR DAN PRINSIP KERJA FUNGSI SETIAP BLOK PLC DI SMK NEGERI 1 SAMPANG

  • Fachrory Akbar Ghozali Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran perekayasaan sistem kontrol berbasis Articulate Studio’13 yang valid dan layak digunakan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran perekayasaan sistem kontrol. Sasaran penelitian yaitu kelas XI TEI 1 di SMK Negeri 1 Sampang semester ganjil tahun ajaran 2015/2016.

Metode penelitian yang digunakan adalah Model Four-D Model yang terdiri dari tiga fase, yaitu : (1) Define, (2) Design, (3) Develop. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket dan metode tertulis. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis tingkat rating, rerata, persentase skor, tabulasi tabel, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran rangkaian digital yang telah divalidasi dengan hasil rating rerata sebesar 72,02% dengan kriteria nilai baik. Hasil belajar siswa diperoleh rerata posttest sebesar 3,01, dari nilai tersebut dapat diketahui bahwa rerata postest lebih besar dari rerata standar K13 sebesar 2,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran meningkat. Serta respon siswa terhadap media pembelajaran perekayasaan sistem kontrol dengan hasil rating rerata sebesar 79,04% dengan kriteria nilai baik.

Kata kunci: Articulate Studio ‘13, Four-D Model, Perekayasaan Sistem Kontrol.

Abstract

This study aims to produce a product in the form of learning media Engineering Control System based Articulate Studio ‘13 are valid and fit for use. In addition, this study also aims to determine the student learning and response of students outcomes after using instructional media Engineering control system. Target research is class XI TEI 1 at State Vocational High School 1 Sampang semester of the school year 2015/2016.

The method used is the model Four-D Model which consist of three phases: (1) Define, (2) Design, (3) Develop. Data collection technique in this research using questionnaires and written method. Analysis method is by using presentation of data, rating level analysis, average, score percentage, table of tabulation, and conclusion.

This research result is learning media digital circuit that have been validated with the average rating at 72,02% with good value criteria. Learning outcomes of students obtained a posttest mean at 3,01, of the value can be seen that the average posttest is greater than the average standart K13 at 2,67, so it can be concluded that students learning outcomes after a given learning using learning media increased. As well as the students response to the learning media digital circuit with the average rating at 79,04% with good value criteria.

Keywords : Articulate Studio ‘13, Four-D Model, Engineering Control System.

 

Author Biographies

Fachrory Akbar Ghozali, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Ghozali, F., & Rusimamto, P. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STUDIO’13 KOMPETENSI DASAR ARSITEKTUR DAN PRINSIP KERJA FUNGSI SETIAP BLOK PLC DI SMK NEGERI 1 SAMPANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 189