PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ANTENA DI SMK NEGERI 5 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena yang layak digunakan ditinjau dari: (1) Validitas media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena, (2) Respon siswa (kepraktisan) terhadap media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena di SMK Negeri 5 Surabaya, (3) Ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena di SMK Negeri 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan desain penelitian eksperimen meggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Shot Case Study. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AV 2 SMK Negeri 5 Surabaya sebanyak 26 orang.Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Model Pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Teknik pengumpulan data antara lain menggunakan lembar validasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas media pembelajaran dinyatakan Sangat Valid, (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran dinyatakan Sangat Baik, (3) Setelah menggunakan media pembelajaran siswa kelas XI TAV 2 dinyatakan tuntas secara klasikal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimediainteraktif pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena dinyatakan “Layak” digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Media pembelajaran, Multimedia interaktif, Antena.
Abstract
This study aim to create an interactive multimedia instructional media on Antenna Systems Engineering with worthy used in terms of: (1) Validity of interactive multimedia instructional media on Antenna Systems Engineering, (2) Student responses to interactive multimedia instructional media on Antenna Systems Engineering at SMK Negeri 5 Surabaya, (3) Completeness of student learning after using interactive multimedia instructional media on Antenna Systems Engineering at SMK Negeri 5 Surabaya. This study using ADDIE model with experimental research designs of Pre - Experimental Design with type One- Shot Case Study. The subjects were students of class XI AV 2 SMK Negeri 5 Surabaya as many as 26 students. The research was conducted in the first semester on 2015-2016. Learning model used the cooperative learning model Numbered Heads Together. Data collection techniques include using validation, questionnaires and posttest. The results showed: (1) The validity of instructional media expressed Excellent, (2) The response of students to instructional media also expressed Excellent, (3) After using instructional media class XI TAV 2 expressed Completed in the classical. It can be concluded that the interactive multimedia of instructional media on antenna system learning stated "Worth" used in the learning process
Keywords: Instructional media, Interactive multimedia, Antenna.
PDF Downloads: 495