PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ANTENA DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Aniswatin Khotimah . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Agus Budi Santosa Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena yang layak digunakan ditinjau dari: (1) Validitas media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena, (2) Respon siswa (kepraktisan) terhadap media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena di SMK Negeri 5 Surabaya, (3) Ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena di SMK Negeri 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan desain penelitian eksperimen meggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Shot Case Study. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AV 2 SMK Negeri 5 Surabaya sebanyak 26 orang.Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Model Pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Teknik pengumpulan data antara lain menggunakan lembar validasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas media pembelajaran dinyatakan Sangat Valid, (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran dinyatakan Sangat Baik, (3) Setelah menggunakan media pembelajaran siswa kelas XI TAV 2 dinyatakan tuntas secara klasikal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimediainteraktif pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena  dinyatakan “Layak” digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Media pembelajaran, Multimedia interaktif, Antena.

 

Abstract

This study aim to create an interactive multimedia instructional media on Antenna Systems Engineering with worthy used in terms of: (1) Validity of interactive multimedia instructional media on Antenna Systems Engineering, (2) Student responses to interactive multimedia instructional media on Antenna Systems Engineering at SMK Negeri 5 Surabaya, (3) Completeness of student learning after using interactive multimedia instructional media on Antenna Systems Engineering at SMK Negeri 5 Surabaya. This study using ADDIE model with experimental research designs of Pre - Experimental Design with type One- Shot Case Study. The subjects were students of class XI AV 2 SMK Negeri 5 Surabaya as many as 26 students. The research was conducted in the first semester on 2015-2016. Learning model used the cooperative learning model Numbered Heads Together. Data collection techniques include using validation, questionnaires and posttest. The results showed: (1) The validity of instructional media expressed Excellent, (2) The response of students to instructional media also expressed Excellent, (3) After using instructional media class XI TAV 2 expressed Completed in the classical. It can be concluded that the interactive multimedia of instructional media on antenna system learning stated "Worth" used in the learning process

Keywords: Instructional media, Interactive multimedia, Antenna.

Author Biographies

Aniswatin Khotimah ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Agus Budi Santosa, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
., A., & Santosa, A. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ANTENA DI SMK NEGERI 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 495