PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis respon siswa terhadap metode pembelajaran Quantum Learning di kelas X Teknik Audio Video SMKN 2 Surabaya (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning dan pembelajaran langsung metode ceramah. Dalam penelitian ini, hasil belajar yang diukur adalah hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TAV 2 sebagai kelas eksperimen dan X TAV 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah kognitif, tes berupa soal pilihan ganda yang diberikan sebelum pembelajaran Pretest (tes awal) dan sesudah pembelajaran Posttest (tes akhir), dan untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah psikomotor menggunakan lembar pengamatan tes kinerja. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Berdasarkan perhitungan hasil respon siswa pada metode pembelajaran Quantum Learning diperoleh hasil sebesar 80,4 % yang masuk dalam kriteria kuat. (2) Hasil belajar siswa ranah kognitif dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikasi (α) = 0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu 8.556 >1.98, sedangkan pada ranah psikomotor didapatkan pula thitung > ttabel yaitu 8.896 >1.98., maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode Quantum Learning dengan metode ceramah dalam pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Metode Quantum Learning, Pembelajaran langsung Metode Ceramah, Hasil Belajar.
Abstract
This research aims to: (1) Analyze student response toward Quantum Learning method in grade X Audio Video Engineering SMKN 2 Surabaya. (2) Describes student learning achievement since taught using Quantum Learning method and direct instruction method. In this research, learning achievements measured is cognitive domain and psychomotor domain. Research method used is Quasi Experiment with Nonequivalen Control Group Design. Samples in this research were X TAV 2 classroom as the experiment class and X TAV 3 as control class. Instrument of this research used were to measures learning achievement at cognitive domain, multiple choices test that given before learning (pretest) and after learning (posttest), while to measure student learning achievement at psychomotor domain used observation sheet of test performance. According to research results, (1) To calculate student response on Quantum Learning method obtained 80.4% included in strong criteria. (2) The student learning achievement at cognitive domain analyzed using t-test at significance α= 0.05 obtained tcalculation > ttable, 8.556 > 1.98, while at psychomotor domain also obtained tcalculation > ttable, 8.896 > 1.98, then concluded that there are difference of learning achievement by using Quantum Learning method with preaching method in direct instruction.
Keywords: Quantum Learning Method, Direct Instruction Method, Learning Achievement
PDF Downloads: 24