PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI KELAS X /ELIND SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN

  • MOH. ali ALI jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan penulis yang dilakukan di SMK Negeri 1 Tambelangan diketahui bahwa proses KBM kompetensi dasar kejuruan masih berpusat pada guru (teacher centered), hal itu akan dapat menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang adanya variasi dan suasana kelas yang monoton, sehingga siswa kurang bergairah dalam melakukan aktivitas kelas Oleh karena itu penulis termotivasi untuk menerapkan metode pembelajaran Problem Solving pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar kelistrikan pada kompetensi dasar menjelaskan arus, tegangan dan hambatan di kelas X- EIind 1 dan X -EIind 2 SMK Negeri 1 Tambelangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa

Tujuan penelitian yang digunakan adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental di mana terdapat suatu perlakuan yang di berikan berupa model pembelajaran problem solving kepada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional kepada kelas kontrol. Dalam penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequevalent control groub design.

Dari hasil penelitian diperoleh : (1) Berdasarkan hasil analisis nilai posttest dengan uji normalitas dan homogenitas didapatkan kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. (2) Berdasarkan analisis nilai posttest dengan uji-t satu pihak didapatkan thitung manual sebesar 7,00 dan thitung SPSS sebesar 7,08 dengan ttabelsebesar 1,67 dengan taraf signifikan sebesar 0,05. Dari perbandingan nilai tersebut diperoleh bahwa thitung > ttabel dan dinyatakan bahwa problem solving berpengaruh signifikan lebih tinggi terhadap hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran konvensioanal.

 

Kata kunci : Model pembelajaran Problem Solving dan hasil belajar

 

Abstract

Based on the observations of researchers who performed at SMK Negeri 1 Tambelangan Sampang known that there are students who want to know the application of the material in their life and there are students who want the teacher exemplifies the first lab materials. Therefore researchers are motivated to know the results of student learning using learning model based on problems with the standard model of direct instruction on the basics of competency apply electricity on the basis of competence using the laws of the alternating current in class X/ELIND 1 and X/ ELIND 2 SMK Negeri 1 Tambelangan Sampang.

The purpose of this study was to determine student learning outcomes using the model of problem-based learning and Direct Instruction learning models and to investigate the differences in learning outcomes of the two models of learning. The study was Quasi Experimental where there is a form of treatment that is given directly to the classroom learning model experimentation and problem-based learning to control class. In this study, the study design used is Nonequivalent control group design.

Based on test hypothesis 1 obtained t count = 62.03> tTable = 1.70 and = 72.46> ideal = 50 so that the ideal of student learning outcomes using problem-based learning models, including the high category, while the second hypothesis test obtained t count = 85.02> = tTable 1.70 and = 83.34> ideal = 50 so that the ideal of student learning outcomes using direct instructional model is also considered high. To test the three hypotheses using t-test two parties obtained an average student learning outcomes from different experimental groups with an average yield grade control study because t count not at-t (1 - ½ α) <t count <t (1 - ½ α) which amounted to t count are 5.59 whereas tTable or t (1 - ½ α) of 2.00.

Keywords: Problem Based Learning, Direct Instruction, Differences In Learning Outcomes

 

Author Biography

MOH. ali ALI, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
ALI, M. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN DI KELAS X /ELIND SMK NEGERI 1 TAMBELANGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 7