PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN KONSEP DASAR SENSOR DALAM ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

  • Ahmad Kafil Mawaidz Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Bambang Suprianto . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu media pembelajaran interaktif berbasis flash pada kompetensi dasar menjelaskan konsep dasar sensor dalam elektronika industri yang layak digunakan ditinjau dari (1) Validitas media pembelajaran berbasis flash, (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis flash, (3) Perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dengan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis flash. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Sugiono. Penelitian ini tidak diajukan untuk produksi massal, hanya saja mencari sebuah solusi alternatif dalam mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran sehingga hanya digunakan tahap 1-6 dari 10 tahapan dan dilanjutkan dengan tahap analisis dan pelaporan. Adapun tahapan penelitian dan pengembangan pada penelitian ini adalah (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) analisis dan pelaporan. Desain penelitian menggunakan one group pretest posttest only design dimana dalam desain penelitian ini membandingkan hasil pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode tertulis. Analisis data dilakukan dengan penyajian data penelitian, analisis tingkat rating, persentase skor, tabulasi tabel serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah kelas XII - TEI SMK N 2 Lamongan. Hasil penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran berbasis flash yang telah divalidasi dengan rating mendapatkan presantase skor rerata 85,65% dengan kriteria nilai sangat baik. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis flash didapatkan presentase skor rerata 80,4% dengan kriteria nilai baik. Hasil belajar siswa setelah digunakan media pembelajaran berbasis flash meningkat, dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test (85,4) lebih tinggi daripada nilai rata-rata pre-test (56). Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis flash yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sensor, Flash, Research and Development

Abstract

The purpose of this research is to create a interactive media learning based of flash on core competencies to explain the basic concepts of the sensor in the electronics industry are fit for use in terms of (1) The validity of media-based learning flash, (2) The response of students to instructional media-based flash, (3) Comparison student learning outcomes between before and after using the flash-based learning media. This study uses research and development (Research and Development), according Sugiono which consists of 10 stages. This study was not submitted for mass production, it's just looking for an alternative solution to overcome the obstacles faced by teachers in the learning process so that only use 1-6 stage and followed by a phase of analysis and reporting. The stages of research and development in this study are (1) the potential and problems, (2) data collection, (3) the design of the product, (4) design validation, (5) a revision of design, (6) test products, (7) analysis and reporting. The research design uses only one group pretest posttest design where the design of this study to compare the results of pre-test and post-test. Data collection techniques using questionnaires and written methods. Data analysis was performed with the presentation of research data, analysis of the level rating, the percentage score, tabulation table and conclusion. Subject of this research is XII TEI classroom in SMK N 2 Lamongan. The result of this research was learning media application based on flash that had been validated with rating reached average score percentage of 85,65% with very good criterion. The result of students’ responses of learning media based on flash reached average score percentage of 80,4% with good criterion. Student learning outcomes after use flash media-based learning increases, as evidenced by the average value of the post-test (85.4) is higher than the average value of the pre-test (56). This proves that the media developed flash-based learning is declared fit for use as a medium of learning in the classroom..

Keywords : Learning Media, Sensor, Flash, Research and Development

Author Biographies

Ahmad Kafil Mawaidz, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Bambang Suprianto ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Mawaidz, A., & ., B. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN KONSEP DASAR SENSOR DALAM ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 45