PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN PROTEUS PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA UNTUK KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Agusti Randi Sukron Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nurhayati . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini betujuan untuk membuat modul pembelajaran yang layak digunakan ditinjau dari; (1) validitas modul pembelajaran berbantuan Proteus, (2) pencapaian hasil belajar siswa setelah belajar menggunakan modul pembelajaran berbantuan Proteus, serta (3) respon siswa kelas terhadap modul pembelajaran berbasis Proteus.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Desain penelitian ini menggunakan One Shot Case Study, dimana dalam penelitian ini diambil satu sampel sebagai pembanding yaitu siswa kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis hasil rating, rata-rata, persentase skor, serta kesimpulan.

Hasil produk dalam penelitian ini adalah Modul Pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika yang telah divalidasi  dan diperoleh rating sebesar 79,11% dengan kriteria layak, validasi soal tes diperoleh hasil rating sebesar 79,44% dengan kriteria layak juga. Sedangkan hasil belajar siswa dengan modul diperoleh rata-rata kelas sebesar 3,12 dengan ketuntasan klasikal 92,85% sehingga hasil belajar siswa dapat dikategorikan tuntas, terakhir untuk respon siswa tehadap modul pembelajaran diperoleh rating sebesar 81,81% dengan kriteria setuju. Dengan hasil penelitian yang demikian Modul Pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ini tuntas. Hal ini membuktikan bahwa modul pembelajaran penerapan rangkaian elektronika layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Kata kunci: Modul Pembelajaran, Penerapan Rangkaian Elektronika, Research & Development (R&D).

Abstract

This research aims to create a viable learning module is used in terms of; (1) validity of the Learning Module Assisted with Proteus, (2) the achievement of student learning outcomes after learning with Learning Module Assisted with Proteus, and (3) the response of students to Learning Module Assisted with Proteus.

The method used in this research is the Research and Development (R & D). This research design using the One Shot Case Study, which in this research was taken a sample for comparison, namely Audio Video Engineering class XI student in SMK Negeri 2 Surabaya totaling 28 students. Data analysis was done with the presentation of data, analysis of the rating, on average, the percentage score, as well as conclusions.

Product result in this research were Learning Module of Electronics Circuit Application that has been validated and obtained a rating of 79,11% with a decent criteria, validation of test result obtained a rating of 79,44% with a decent criteria also. While the learning outcomes of student with module obtained an average grade of 3,12 with 92,85% classical completeness so that student learning outcomes can be categorized complete. Last for student’s response to Learning Module obtained a rating of 81,81% with criteria agree. With the result of such research Learning Module of Electronics Circuit Application can be concluded that this study complete. This proves that the Learning Module of Electronics Circuit Application is fit or decent for used as a medium of learning in the classroom.

Keywords: Learning Module, Electronics Circuit Application, Research and Development (R & D).

Author Biographies

Agusti Randi Sukron, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nurhayati . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Sukron, A., & ., N. (2016). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN PROTEUS PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA UNTUK KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 1041