PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Rachmad Nusanzali . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Rr. Hapsari Peni Agustin T Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Membuat E-Learning yang valid digunakan pada pembelajaran elektronika di kelas X TAV 1 SMK Negeri 7 Surabaya (2) Mengetahui hasil belajar setelah menggunakan E-Learning pada pembelajaran elektronika.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 7 Surabaya kelas X TAV 1 yang berjumlah 31 siswa. Desain penelitian yang digunakan One Shot Case Study didalam desain ini menggunakan satu sampel sebagai pembanding. Hasil ketuntasan dihasilkan dengan memberikan tes belajar berupa ujian online untuk mengetahui hasil belajar siswa yang di ukur dalam pencapaian nilai KKM yaitu 2,66 pada mata pelajaran elektronika.

Hasil penelitian ini adalah E-Learning berbasis web yang telah divalidasi mendapat rata-rata skor rating sebesar 85,77% dengan kriteria sangat baik. Validasi butir soal mendapat skor rata-rata sebesar 87,87%. Hasil belajar siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 71,09% sedangkan ketuntasan klasikal mendapat presentase sebesar 80,64% hasil tersebut berada diatas ketuntasan klasikal minimal sebesar 75% maka dapat dinyatakan pembelajara berhasil. Hal ini membuktikan dengan E-Learning berbasis web dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : E-Learning, Hasil belajar, Research and Development.

 

Abstract

The purpose of this research are (1) making valid E-Learning that used in electronic learning in class X TAV 1 SMK Negeri 7 Surabaya (2)  knowing the result of learning after using E-Learning on electronics  subject.

The research method used was  Research and Development. The subjects were students of SMK Negeri 7 Surabaya class X TAV 1, totaling 31 students. One Shot Case Study was used as study design, with a single sample for comparison. Mastery learning outcomes generated by providing learning test by online test to determine student outcomes. achievement 2.66 on the electronics subjects.

Results of this research is a web-based E-Learning that have been of validation.the average validation get 85.77%  score its mean very good criteria. The validation of  the item gets an average score of 87.87%. Student learning outcomes obtained an average score of 71.09% while the classical completeness gets a percentage of 80.64%. This classical completeness results is above the minimum rate, 75%. It can be stated  that the learning process successful. This is proved that the web based E-Learning is valid for use as introduction media.

Keywords: E-Learning, learning outcomes, Research and Development.

Author Biographies

Rachmad Nusanzali ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Rr. Hapsari Peni Agustin T, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
., R., & Agustin T, R. H. (2016). PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 77