PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI REFRIGERASI TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Muhammad Rhomli . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Subuh Isnur Haryudo Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran inkuiri adalah suatu cara penyampaian pelajaran dengan penelaahan sesuatu yang bersifat mencari secara kritis, analisis dan argumentif (ilmiah) dengan menggunakan langkah-langkah tertentu untuk mencapai sebuah kesimpulan. Pembelajaran ini melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga siswa dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.

Rancangan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Bentuk dari desain quasi experimental ini adalah nonequivalent control group design, karena desain penelitian ini digunakan untuk mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain yang diteliti atau dalam suatu penelitian.

Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 85.78 dan pada kelas kontrol adalah 82.84. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t pada hasil belajar siswa menghasilkan kesimpulan yakni H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol.

Kata kunci: Inkuiri, Quasi Experiment, dan Hasil Belajar.

 

Abstract

Inquiry Learning Model is a way of conveying lesson by investigating something critically, analyzing, and making argumentative opinion (scientifically) using certain stages to draw conclusion. The learning model involves all students’ abilities optimally for searching and investigating systematically, critically, logically, and analytically, so that the students can confidently formulate the result themselves.

The research design employed quasi experimental design. Although the design had control group but it could not function for controlling outer variables influencing the experiment process. The quasi experimental design was nonequivalent control group design as it aimed at figuring out the influence of one variable to another variable observed during the research.

The average score of students’ learning outcomes of experimental class was 85.78 and that of control class was 82.84. Whilst the t-test calculation on students’ learning outcomes generated the conclusion that H1 was accepted while H0 was rejected. Thus, it could be concluded that the learning outcome of experimental class was better than control class.

Keywords: Inquiry, Quasi Experiment, and Learning Outcome

Author Biographies

Muhammad Rhomli ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Subuh Isnur Haryudo, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
., M., & Haryudo, S. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI REFRIGERASI TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 15