PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA DAN SOFTWARE HIGH FREQUENCY STRUCTURE SIMULATOR (HFSS) UNTUK MENUNJANG MATERI ANTENNA PADA MATA KULIAH ANTENNA DAN PROPAGASI DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Moch Rizal Aditya Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nurhayati . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lectora inspire ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan berdasarkan kriteria isi, tampilan, dan bahasa, selain itu juga untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media dengan materi atenna pada mata kuliah antenna dan propagasi di universitas negeri surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan divalidasi oleh 3 dosen Teknik Elektronika  sebagai  validator media  lalu  diuji cobakan terbatas  pada  20 mahasiswa S1 pendidikan teknik elektro komunikasi 2013 jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Media pembelajaran interaktif memenuhi syarat valid jika masing-masing kriteria memperoleh presentase penilaian > 62,5% dan  memperoleh  respon positif mahasiswa > 62,5%.Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lectora inspire yang telah divalidasi dengan hasil rating dari format media sebesar 85,25%, materi media sebesar 89%, aspek bahasa sebesar 77,6%, dan pada animasi media sebesar 83,25%. Sehingga secara umum media yang  dikembangkan  dikategorikan  sangat  baik  dengan  hasil  rating  rata-rata 83,79%. Respon mahasiswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 79,5%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Lectora Inspire, (R&D).

Abstract

This development of learning media using interactive multimedia lectora inspire research has the aim to produce an interactive learning media in terms of the criteria of content, performance, and language; and also to investigate the response of students to the media with the material atenna on subjects antennas and propagation in public universities Surabaya.This type of research is the developmental research with reference to Research and Development (R&D) model. Learning interactive media which was  developed validated by 3 lecturers of Electronics Engineering as media validators then limited tried out in 20 students of S1 communication education electrical engineering in 2013 Department of Electrical Engineering, State University of Surabaya. Learning interactive media has been up to standard of valid if the average of percentage score in each criterion get > 62,5% and the positive response of the students get > 62,5%.The result of this research is development of learning media using interactive multimedia lectora inspire that has been validated with rating result as the following, 85,25% for media formats, 89% for substance components, 77,6% for media grammar, and 83,25% for media animations. Overall it have 83,79% rating result, it means this learning interactive media is very feasible. The students response for all aspects of the learning interactive media was very good with the value 79,5%. Those results show that the learning interactive media are proper to be used as learning media.

Keywords : Learning Media, Interactive Multimedia, Lectora Inspire, (R&D)

Author Biographies

Moch Rizal Aditya, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nurhayati . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Aditya, M., & ., N. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA DAN SOFTWARE HIGH FREQUENCY STRUCTURE SIMULATOR (HFSS) UNTUK MENUNJANG MATERI ANTENNA PADA MATA KULIAH ANTENNA DAN PROPAGASI DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 25