PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENJELASKAN DASAR-DASAR SINYAL VIDEO DI SMK NEGERI 1 MADIUN

  • PANDU fitra FITRA HANAYA jurusan teknik elektro FT unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran aktif dengan metode peer lessons dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran ceramah. (2) Mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran aktif dengan metode peer lessons.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Nonequivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV SMK Negeri 1 Madiun. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan kelas XI TAV-1 sebagai kelas eksperimen dan XI TAV-3 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran aktif dengan metode peer lessons lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran ceramah dengan rata-rata hasil belajar sebesar 79,2857 (eksperimen) dan 67,3810 (kontrol); (2) Hasil respon siswa terhadap keseluruhan aspek pada lembar angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran aktif dengan metode peer lessons dikategorikan sangat baik dengan rata-rata hasil rating 84,72%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran aktif dengan metode peer lessons layak digunakan pada proses kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 1 Madiun.

Kata kunci :  Pembelajaran aktif dengan metode peer lessons, Pembelajaran ceramah, Hasil belajar siswa.

Abstract

This study aims to: (1) Determine the difference in student learning outcomes using active learning with the peer lessons with the use of student learning outcomes lecture lesson. (2) Knowing the students' response to the learning process actively with the peer lessons.

The research method used was quasi experiment with research design used is "Nonequivalen Control Design". The population in this study was a class XI student of SMK Negeri 1 Madiun TAV. Sample taken 2 classes with class XI TAV-1 as experimental class XI and TAV-3 as a control class. While to know the differences in the results of their study used data analysis techniques t-test.

The results showed that: (1) learning outcomes of students who use active learning lessons with the peer is higher than the results of student learning using learning lecture with an average of 79.2857 learning outcomes (experiments) and 67.3810 (control), (2) the students 'response to all aspects of the students' responses on the questionnaire sheet can be concluded that the process of learning to use active learning methods categorized peer lessons very well with average rating 84.72% yield. This shows that active learning lessons worthy peer method used in the process of learning and teaching in SMK Negeri 1 Madiun.

Keywords :  Active learning with the peer lessons, learning lectures, student learning outcomes.

 

Author Biography

PANDU fitra FITRA HANAYA, jurusan teknik elektro FT unesa
jurusan teknik elektro FT unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
FITRA HANAYA, P. (2013). PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENJELASKAN DASAR-DASAR SINYAL VIDEO DI SMK NEGERI 1 MADIUN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 19