PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENCAPAI KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK

  • Fajar Rismantoro . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Munoto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang meliputi: (1) validitas perangkat pembelajaran, (2) respon siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran, (3) peningkatan hasil belajar terhadap KKM sekolah, (4) keterlaksanaan pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D). Penelitian menggunakan 5 tahapan yaitu: (1) tahap analisis, (2) tahap  perencanaan, (3) tahap perancangan, (4) tahap pengembangan, (5) tahap evaluasi dan revisi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SMK N 1 Nganjuk. Desain penelitian menggunakan one shot case study design yaitu desain penelitian mengambil sampel tanpa ada sampel kontrol sebagai pembanding. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) yang  masuk kategori sangat baik dengan hasil validasi Silabus mendapatkan rating skor 100%, hasil validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mendapatkan rating skor 85%, Lembar Kerja Siswa (LKS) mendapatkan rating skor 83%, Lembar Penilaian (LP) mendapatkan rating skor 80%, dan Materi Ajar mendapatkan rating skor 85%, (2) Respon siswa mendapatkan rating skor 87% yang masuk kategori sangat baik, (3) Hasil ketuntasan belajar siswa menunjukkan bahwa 29 siswa telah memenuhi kriteria kelulusan. (4) Keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua mendapat rata-rata skor 4 yang masuk kategori kriteria baik. Sehingga perangkat pembelajaran sangat layak untuk digunakan.

Kata kunci: Pengembangan, NHT, respon, hasil belajar.

Abstract

The research aims to find out the feasibility of the learning device which includes: (1) the validity of a learning device, (2) student response using the learning, (3) improved learning outcomes against KKM school, (4) the process of learning. Research method using the methods of Research and Development (R&D). Research using the 5 stages is: (1) the stage of the analysis, (2) the planning phase, the design phase (3), (4) stages of development, (5) stages of evaluation and revision. The subject of research is the grade XI Installation technique of the utilization of electric power even semester academic year 2014/2015 in SMK N 1 Hole. Design research using one shot case study design is design research take samples without sample control for contrast. Engineering data collection using the method of writing. The results showed that: (1) learning Device developed by using cooperative learning models Numbered Heads Together (NHT) that goes very well with category results validation the syllabus obtain a rating score of 100%, the results of the validation Study implementation plan (RPP) get a rating score of 85%, the student Worksheet (LKS) get a rating score of 83%, the assessment Sheet (LP) get a rating score of 80%, and Teaching Materials to achieve an 85% score (2) the response of the students get a rating score of 87% entered the category of very good, (3) the results of the ketuntasan study shows that 29 students students have met the graduation criteria. (4) Keterlaksanaan learning in the first and second meetings got an average score of 4 who enter the category criteria either. So that the device is well worth learning to use.

Key words: development, NHT, the response, the results of the study.

Author Biographies

Fajar Rismantoro ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Munoto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
., F., & ., M. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENCAPAI KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 32