PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

  • Andrian Risky Rahman Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nur Kholis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan belajar siswa karena masih digunakannya model pembelajaran yang berpusat pada guru. Pada model pembelajaran tersebut, siswa hanya dituntut untuk menguasai materi sehingga berpengaruh pada motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together diharapkan dapat memberikan solusi pada guru untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Pengembangan perangkat pembelajaran ini diajarkan pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor, menerapkan dioda semikonduktor sebagai penyearah, dan merencanakan dioda zener sebagai rangkaian penstabil tegangan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang disederhanakan sehingga terdiri dari tujuh tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, analisa dan pelaporan. Penelitian yang menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together diujicobakan pada siswa kelas X TAV SMKN 1 Jetis Mojokerto. Desain penelitian yang digunakan dalam ujicoba perangkat pembelajaran menggunakan desain pretest and posttest group.

Hasil penelitian berupa hasil validasi ahli terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan yakni Silabus, RPP, Bahan Ajar Siswa, LKS, Alat Bantu/Trainer, Angket Respon Siswa, dan Butir Soal berkategori baik dan layak digunakan. Respon siswa terhadap proses pembelajaran dinyatakan positif dengan persentase dengan jawaban setuju rata-rata 50,8% dan jawaban sangat setuju rata-rata 47,8%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada ranah kognitif sebesar 87,8%. Hasil belajar pada ranah afektif total rata-rata sebesar 83,2. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada ranah psikomotor sebesar 100%.

Penelitian menyarankan: (1) Perangkat pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together dapat dijadikan alternatif penunjang kegiatan dalam proses belajar mengajar agar proses belajar menjadi lebih menarik dan untuk meningkatkan daya tarik siswa untuk belajar; (2) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat digunakan sebagai inovasi, sehingga pendekatan ini dapat diterapkan pada mata diklat lain yang sesuai; (3) penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar penelitian lanjutan dengan model pembelajaran yang lebih variasi dan lebih kompleks.

Kata Kunci: Numbered Head Together, respon siswa, ketuntasan hasil belajar siswa.

 

Abstract

The background of this study was the lack of ability of student learning because teacher-centered based learning remained. In that learning model, students were just required to master the vast amount of materials without engaging in to supportive environment motivation and student it influenced learning outcomes. By using cooperative learning model Numbered Head Together was expected to provide a solution to the teachers to improve learning motivation and student learning outcomes.

The aim of this study was to develop the learning package using cooperative learning model, Numbered Head Together. Such a development was applied for the basic competence which accounts for understanding the atomic model of semiconductor material, applying the semiconductor diode as a rectifier, and planning a zener diode as a voltage stabilizer circuit.

The research method used in this study was Research and Development (R & D). It was then simplified in to seven stages, namely, potential and problem, data collection, product design, validation design, revision design, product testing, analysis and report. The learning package was piloted in public school, class X TAV SMKN 1 Jetis Mojokerto. The research design in the trial was pretest and posttest group.

The results showed that the learning package including syllabus, lesson plans, teaching material, student worksheet, Trainer, questionnaire, and question items were categorized good and valid. Student responses implied for positive results towards learning process shown by the percentage of agree item at 50.8% and strongly agree item at 47.8%. The percentage of student mastery learning was 87.8%. The Learning outcomes of affective aspect were referred to score 83.2, while the psychomotor aspect was 100%.

Research suggestions: (1) the Numbered Head Together cooperative learning model can be used as an alternative to support activities in the learning process so that the learning process more attractive and to increase the attractiveness of the student to learn; (2) Numbered Head Together cooperative learning model can be used as an innovation, so that this approach can be applied to other appropriate subjects; (3) This research can be used for further research with a learning model which is more variety and more complex.

Keywords: Numbered Head Together, student responses, student learning outcomes.

Author Biographies

Andrian Risky Rahman, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nur Kholis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Rahman, A., & ., N. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 13