PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR STUDI PADA SISWA KELAS X TEI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • Wisda Putra Atmanegara Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan media pembelajaran E-Learning menggunakan Edmodo ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran e-learning yang dikembangkan berdasarkan kriteria, isi, tampilan, dan bahasa, selain itu juga untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media dengan materi dasar-dasar elektronika di smkn 2 bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan (R&D). Media pembelajaran E-Learning menggunakan Edmodo divalidasi oleh 2 dosen dan 2 guru ahli dibidangnya  sebagai  validator media  lalu diujicobakan terbatas pada 32 siswa SMK kelas X jurusan teknik elektronika industri SMK 2 bojonegoro. Media pembelajaran E-Learning menggunakan Edmodo memenuhi syarat valid jika masing-masing kriteria memperoleh presentase penilaian > 62,5% dan memperoleh respon positif  > 62,5%. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran E-Learning menggunakan Edmodo yang telah divalidasi dengan hasil rating dari format media sebesar 82%, materi media sebesar 81.42%, aspek bahasa sebesar 65%, dan pada ilustrasi sebesar 85,77%. Sehingga secara umum media yang  dikembangkan dikategorikan baik dengan hasil  rating  rata-rata 78,54%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat didalam media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 84.56%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Learning menggunakan Edmodo layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Learning, Edmodo, Research and Development (R&D)

Abstract

This development of learning media using Edmodo inspire research has the aim to produce an learning media in terms of the criteria of content, performance, and language; and also to investigate the response of students to the media with the electrical basic in public vocational high school 2 bojonegoro.This type of research is the developmental research with reference to Research and Development (R&D) model. Learning media which was  developed validated by 2 lecturers of Electronics Engineering and 2 teacher who has media validators then limited tried out in 32 students of  X Class Vocational Electric Industry High School 2 Bojonegoro. Learning media has been up to standard of valid if the average of percentage score in each criterion get > 62.5% and the positive response of the students get > 62.5%.

There sult of this research is development of learning media using edmodo that has been validated with rating result as the following, 82% for media formats, 81.42% for substance components, 65% for media grammar, and 85.77% for media animations. Overall it have 78.54% rating result, it means this learning media is  feasible. The students response for all aspects of the learning interactive media was very good with the value 84.56%. Those results show that the learning interactive media are proper to be used as learning media.

Keywords: Learning Media, E-Learning, Edmodo, Research and Development (R&D)

Author Biographies

Wisda Putra Atmanegara, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Atmanegara, W., & Rusimamto, P. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR STUDI PADA SISWA KELAS X TEI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 54