PENGEMBANGAN TRAINER DAN JOBSHEET MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL DI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 1 BANGIL

  • Zainal Arifin . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Muhammad Syariffuddien Zuhrie Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer dan jobsheet mikrokontroler sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol di SMK Negeri 1 Bangil. Selain itu bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran trainer dan jobsheet mikrokontroler pada kompetensi dasar menguji coba dan mendemonstrasikan bahasa pemrograman mikrokontroler untuk berbagai operasi. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sebagai pendukung dengan model yang disebut 4-D (Four D Models) dan dalam penelitian ini terdapat 4 tahap yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan, serta hasil respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media trainer dan jobsheet yang dihasilkan.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi diperoleh rating validasi trainer sebesar 98.08% dengan kategori sangat baik dan rating validasi jobsheet sebesar 96.4% dengan kategori sangan baik. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat pada media trainer dan jobsheet mikrokontroler dinilai mendapat respon/tanggapan positif dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 81.4% yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan rating tersebut, trainer dan jobsheet mikrokontroler yang telah di buat dinyatakan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol di SMK Negeri 1 Bangil.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Trainer dan Jobsheet Mikrokontroler, Metode Penelitian 4-D.

Abstract

The aims of this research are to know the properness of microcontroller’s trainer and jobsheet as media learning on Control system engineering subject in SMK Negeri 1 Bangil. Beside that, it aimed to know student response toward media learning microcontroller’s trainer and jobsheet on basic competence of testing and demonstrating the microcontroller programming language for various operations. The research method uses qualitative and quantitative methods as a support with a model called 4-D (Four D Models). And in this study there are 4 phases: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, and (4) Disseminate. Collecting data in this study was obtained from the results of validation to determine eligibility produced media, as well as the results of student responses to knowing the response of students to the media trainer and jobsheet produced. Based on the research yield, obtained conclusions those, results of validation obtained rating of 98.08% with a very good category. And Jobsheet validation rating 96.4% with very good category. Student responses on total aspects of the media microcontroller’s trainer and jobsheet assessed getting a response / positive responses to the average results of student response rating of 81.4% were categorized as very good. Based on the rating, trainer and jobsheet microcontroller that has been declared fit and well for use as a media learning on control system engineering subject in SMK 1 Bangil.

Keywords: Media Learning, Microcontroller’s trainer and jobsheet, 4-D method

Author Biographies

Zainal Arifin ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Muhammad Syariffuddien Zuhrie, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
., Z., & Zuhrie, M. (2016). PENGEMBANGAN TRAINER DAN JOBSHEET MIKROKONTROLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL DI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 1 BANGIL. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 56