PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AJAR SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 2 BOJONEGORO

  • Andri Oky Putra Permono Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nurhayati . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran Inkuiri dibandingkan dengan model pembelajaran  langsung  pada materi ajar sensor dan aktuator  di kelas XI TEI SMK Negeri 2 Bojonegoro. Hasil belajar dan aktivitas siswa tersebut dibandingkan untuk mengetahui model pembelajaran dengan hasil yang terbaik baik dari segi kognitif maupun psikomotor.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah  Quasi Experimental Design. Pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak dipilih secara acak, Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian berupa hasil belajar siswa diambil dengan teknik tes yang berupa pilihan ganda dan uraian.

Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t dimana -t hitung< -t tabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 yakni hasil belajar kelas eksperimen diperoleh -t hitung sebesar -4,726 dan -t tabel sebesar -1,67 dengan rata-rata nilai hasil belajar 84,58 pada kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata nilai sebesar 89,25 dan siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih aktif dibandingkan model pembelajaran langsung yaitu sebesar 86,06% untuk kelas eksperimen dan 75,93% untuk kelas kontrol.

Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran langsung , Hasil belajar dan Aktivitas siswa.

Abstract

This study aims to determine learning outcomes and learning activities of students with inquiry learning model as compared to direct instructional model in teaching materials sensors and actuators in class XI TEI SMK 2 Bojonegoro. Learning outcomes and student activities are compared to determine the learning model with the best results in terms of both cognitive and psychomotor.This type of research used in this research is a kind of experimental research. The study design used was Quasi Experimental Design. Sampling for the experimental class and control class is not chosen at random, experiment class using inquiry learning model, while for grade control using direct learning model. The data research in the form of student learning outcomes are taken with techniques such as multiple-choice test and a description.Results of research and data analysis showed that the inquiry learning model is better than the direct learning model. This is evidenced by the results of t-test where t count <t table with a significance level α = 0.05 which is the result of experimental class learning obtained t calculate equal to -4.726 and t table amounted to -1.67 with the average value 84.58 learning outcomes in class control while the experimental class average value of 89.25 and students who use inquiry learning model is more active than direct instructional model that is equal to 86.06% for the experimental group and 75.93% for the control class.Keywords: Model of inquiry learning, direct learning model, student learning and student activity.

Author Biographies

Andri Oky Putra Permono, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nurhayati . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-05-01
How to Cite
Permono, A. O., & ., N. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AJAR SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 18