PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE DEMONSTRATION BERBANTUAN SOFTWARE PSIM 9.0.3 PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK (DPL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TIPTL DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Putra Ayudiah Surya Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Munoto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan metode demonstration, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif dengan metode demonstration, (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik siswa siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif dengan metode demonstration.

Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan control group pre-test-post-test. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL 1 sebagai kelas kontrol dan X TIPTL 3 sebagai kelas eksperimen di SMK N 2 Surabaya. Kemudian untuk menganalisis data digunakan uji-t satu pihak dengan menggunakan Independent Sample T Test dengan syarat data distribusi normal dan varian yang homogen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif metode demonstrations memiliki respon berkategori tinggi sebanyak 15 siswa, 10 siswa memiliki respon sedang dan 10 siswa memiliki respon rendah dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara model pembelajaran kooperatif metode demonstrations dan model pembelajaran langsung dengan nilai thitung = 2,216 untuk nilai taraf signifikansi (α) = 0,05. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara model pembelajaran kooperatif metode demonstrations dan model pembelajaran langsung dengan nilai thitung = 2,275 untuk nilai taraf signifikansi (α) = 0,05.

Kata Kunci: Kooperatif Metode Demonstrations, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar.

 

Abstract

The research aimed at: (1) figuring out the students’ responses toward cooperative learning model by means of demonstration method, (2) figuring out the differences of learning outcomes among the students’ cognitive on the subject of Electrical Basic and Measurement between direct instruction model and cooperative learning model of demonstration method, (3) figuring out the differences of learning outcomes among the students’ psychomotor on the subject of Electrical Basic and Measurement between direct instruction model and cooperative learning model of demonstration method.

The method used is Quasi Experiment with a 2x2 factorial design. Subjects in this study were students of class X TIPTL 1 as a control class and X TIPTL 3 as an experimental class at SMK N 2 Surabaya. Then to analyze the data used t-test of the party by using Independent Sample T Test on condition of normal distribution of data and homogeneous variants .

The results showed that (1) the results of student response towards cooperativelearning model method demonstrations have categorized high response by as much as15 students, 10 students have a response medium and 10 students had a lowresponse to the number of students as many as 35 students. (2) there may be differences between the cognitive domain of learning outcomes model of cooperative learning methods learning models and demonstrations with the value thitung = 2.216 to value the significance level (α) = 0.05. (3) there may be differences between the cognitive domain of learning outcomes model of cooperative learning methods learning models and demonstrations with the value thitung = 2.275 to value the significance level (α) = 0.05.

Keywords: Cooperative Learning of Demonstration Method, Direct Intruction, Learning Result.

Author Biographies

Putra Ayudiah Surya, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Munoto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Surya, P., & ., M. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE DEMONSTRATION BERBANTUAN SOFTWARE PSIM 9.0.3 PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK (DPL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TIPTL DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 18