IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DAN MENGUJI MACAM-MACAM KOMPONEN SEMIKONDUKTOR EMPAT LAPIS DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Ayu Wulan Yuniarti Ningsih Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nurhayati . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas XI di SMK Negeri 7 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dan model pembelajaran langsung, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada ranah psikomotor kelas XI di SMK Negeri 7 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dan model pembelajaran langsung, mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) pada kelas XI  di SMK Negeri 7 Surabaya.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah kelas XI AV 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan kelas XI AV 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung yang biasa dilakukan di sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata total dari hasil rating RPP 85,78%, Bahan Ajar Materi 85,92%, Butir Soal 83,60%, dan Angket Respon Siswa 87,17%. Pada ranah kognitif diperoleh hasil analisis perhitungan nilai posttest diperoleh nilai thitung = -3,568 berada pada daerah penerimaan H0 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung  yang biasa digunakan di sekolah. Pada ranah psikomotor diperoleh hasil perhitungan nilai thitung = -1,411 berada pada daerah penolakan H0 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatf tipe two stay two stray lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung yang biasa digunakan di sekolah. Lembar angket respon siswa diberikan kepada kelas eksperimen AV 2 yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) selama proses pembelajaran berlangsung, dari respon yang telah diberikan diperoleh hasil skor respon siswa sebesar 80,23% dan termasuk dalam kriteria sangat kuat.

Kata kunci: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Siswa, Respon Siswa.

Abstract

This research aims to know the difference in student learning outcomes in the cognitive domain of Class XI in SMK Negeri Surabaya 7 by using cooperative learning model type TSTS (Two Stay Two Stray) and direct learning model, the learning outcomes of students know the difference on the psychomotor domain class XI in SMK Negeri Surabaya 7 by using cooperative learning model type TSTS (Two Stay Two Stray) and direct learning model, knowing the student response towards cooperative learning type TSTS (Two Stay Two Stray) in class XI in SMK Negeri Surabaya 7.

Research desing used was Quasi Experimental Design by using Nonequivalent Control Group Design. Subject of this research were classroom XI AV 2 as experiment classroom using cooperative instruction model type of two stay two stray, and classroom XI AV 1 as control classroom using direct instruction which is commonly used in school.

Based on the research results obtained by the total average of the results of the RPP rating of 85.78%, Instructional Materials Matter of 85.92%, Grain Problem of 83.60%, and Student Response Questionnaire of 87.17%. In cognitive domain obtained analysis results calculation the value thitung value obtained = posttest -3.568 located on the area of acceptance H0 and can conclude that there is a significant difference in the average value of the results of student learning using learning model kooperatf type two stay two stray compared with students who use direct learning is used at the school. in psychomotor domain retrieved results calculation the value thitung = -1.411 are on the rejection of H0 and can conclude that there is a significant difference in the average results of student learning using learning model kooperatf type two stay two stray better compared with students who use direct learning is used at the school. Student respons questionnaire given to experiment clasrsroom AV 2 which used cooperative instruction model type TSTS (Two Stay Two Stray) during teaching and learning process, based on respons given, obtained student response score 80,23% and included in very strong criteria.

Keywords: Two Stay Two Stray (TSTS), Student learning achievement, student respons.

Author Biographies

Ayu Wulan Yuniarti Ningsih, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nurhayati . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Ningsih, A. W., & ., N. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DAN MENGUJI MACAM-MACAM KOMPONEN SEMIKONDUKTOR EMPAT LAPIS DI SMK NEGERI 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 37