PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Moch Misbahul Arifin Afif Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Subuh Isnur Haryudo Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android, (2) mengetahui respon peserta didik, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dari penggunaan media pembelajaran berbasis android Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Designs dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa  SMK. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran berbasis android. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari penggunaan media pembelajaran berbasis android. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Hasil validasi media pembelajaran dari 2 dosen dan 1 guru mata pelajaran mendapatkan nilai validitas sebesar 83,93% dengan kriteria sangat baik atau layak, (2)Respon peserta didik tentang pengembangan media pembelajaran berbasis android memperoleh rata-rata hasil rating sebesar 83,065% dikategorikan sangat baik, (3)Hasi belajar ranah kognitif didapatkan hasil -thitung<-ttabel (-18,81<-1,699). Nilai hasil belajar ranah afektif sebesar 80,22% dikatakan baik dan nilai hasil belajar ranah psikomotor sebesar 81,00%. (4)Uji peningkatan (gain) dapat diketahui bahwa kriteria gain tinggi 41,93%, sedang 58,07%, dan rendah 0%.

Kata kunci: Pengembangan, Android, Respon, Hasil Belajar.

Abstract

The research aimed at : (1) figuring out the feasibility of android-based learning media, (2) knowing the students’ responses, (3) figuring out the students’ learning outcomes after using android-based learning media. The research design was pre-experimental in which design was one-group pretest-posttest. The research subjects were the students of grade XI TIPTL at state vocational school 7 surabaya. The research object was developing android-based learning media. The data analysis employed t-test for figuring out the improvement of students’ learning outcomes toward the usage of android-based learning media. The research results indicated that: (1) the learning media validated by 2 lecturers and 1 subject teacher obtained the validity value of 83.93% in which category was very good or feasible, (2) the students’ responses toward android-based learning media gained the rating average of 83.065%, thus categorized very good, (3) the learning outcome of cognitive domain obtained -tcalculation< -ttable (-18.81 < -1.699). The learning outcomes of affective domain was 80.22%, so categorized good while that of phychomotor one was 81.00%, (4) the gain test showed that the gain criteria of high was 41.93%, medium was 58.07%, and low was 0%.

Keywords: Development, Android, Responses, Learning Outcome.

Author Biographies

Moch Misbahul Arifin Afif, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Subuh Isnur Haryudo, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-05-01
How to Cite
Afif, M. M., & Haryudo, S. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 313