PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PENDUKUNG PQ4R TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Dimas Aditya Muktitama Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Subuh Isnur Haryudo Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih terdapatnya kekurangan kualitas perangkat pembelajaran pada paket keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Berdasarkan latar belakang sebelumnya maka penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara menyusun perangkat pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode pendukung PQ4R dan (2) Mengetahui pengaruh hasil belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode PQ4R. Berdasarkan uraian diatas maka metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah Research And Development (R&D) dengan desain penelitian Pre-Experimental jenis one group pre-test post-test. Objek penelitian ini berupa pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Pendukung PQ4R. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T-Test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi dari 2 dosen dan 1 guru mata pelajaran memperoleh rating Perangkat  Pembelajaran sebesar 81,04% dengan kriteria sangat baik, Handout sebesar 81,40% dengan kriteria sangat baik, Butir Soal sebesar 83,06% dengan kriteria sangat baik, dan lembar angket respon siswa sebesar 80,00% dengan kriteria sangat baik. (2) Hasil uji peningkatan (gain) didapat presentase kriteria gain tinggi pada kelas XI TIPTL 2 sebesar 16%, kriteria sedang sebesar 84%, dan kriteria rendah 0%. (3) Hasil belajar kelas XI TIPTL 2 pada pretest diperoleh rata-rata 49,99 sedangkan  posttest diperoleh rata-rata 81,06 artinya terdapat peningkatan hasil belajar kelas XI TIPTL 2.

Kata kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, PQ4R, Peningkatan.

Abstract

The background to the holding of this research is that there is still a shortage of quality learning device on package Installation engineering utilization of electric power. Based on the background before then this research aims to: (1) knowing how to craft a cooperative learning device using a method supporting PQ4R and (2) find out the influence of student learning outcomes after taught using cooperative learning using PQ4R. Based on the description above, the research methods used by researchers is a Research And Development (R&D) with pre-loaded Experimental research design type one group pretest posttest. The object of this research in the form of the development of Cooperative Learning Methods with Devices Supporting PQ4R. Data analysis techniques using Paired Samples T-Test to find out the results of increased student learning. The results showed that: (1) the results of the validation of 2 professors and teachers 1 subjects gain a learning Device rating of 81.04% with very good criteria, handouts amounting to 81.40% with the criteria very well, the Grain Problem of 83.06% with the criteria very well, and now student response sheet of 80.00% criteria very well. (2) test result is obtained (gain) increased percentage criteria high gain in class XI TIPTL 2 of 16%, the criteria are as big as 84%, and low 0% criteria. (3) the results of a study of Class XI TIPTL 2 on the pretest average 49.99 obtained while the posttest obtained an average of 81,06 means there is an increase in the results of the study class XI TIPTL 2.

Key words: development, Learning Device, PQ4R, increased

 

Author Biographies

Dimas Aditya Muktitama, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Subuh Isnur Haryudo, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-05-01
How to Cite
Muktitama, D., & Haryudo, S. (2016). PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PENDUKUNG PQ4R TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 57