PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK DI SMK AL-AZHAR MENGANTI GRESIK

  • ERVAN DWI RIZKYANTO

Abstract

 

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar peserta didik ranah kognitif yang menggunakan model Project Based Learning dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung; (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning.

Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian menggunakan jenis “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TITL SMK Al-Azhar Menganti. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan peserta didik kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol dan X TITL 1 sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar digunakan teknik analisis uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Project based learning mempunyai nilai hasil belajar yang lebih tinggi dengan rata-rata 84,69 dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata 76,36. Berdasarkan perhitungan uji t mendapat nilai thitung 5,692 sedangkan  ttabel 1,82 . Dengan demikian thitung > ttabel sehingga H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat perbedan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model project based lerning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung ditolak dan H1 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan menggunakan model project based learning dengan kelas kontrol yang menggunanakan model pembelajaran langsung diterima. (2) respon peserta didik terhadap penerapan model Project based learning secara keseluruhan adalah positif dengan rata-rata 82,22% dan termasuk kriteria respon sangat baik.

Kata kunci : Model Project Based Learning, hasil belajar siswa dan respon siswa.

 

 

Abstract

The purpose of research was to: (1) Knowing of result student learning in cognitive type using application project based learning compared with student using direct learning: (2) Knowing student response for application of project based learning.

The research method used Quasi Experimental Design by using type design “Nonequivalent Control Group Design”. The population in this research were student of class X TITL SMK Al-azhar Menganti Gresik. Sample taken 2 class with class X TITL 1 as the experiments class and X TITL 2 as the control class. Meanwhile, to knowing the effect and differences in learning result use the t-test analysis techniques.The result of the research showed that: (1) The student learning outcome at experiment class with using problem based learning have result is better with average 84,69  than control class using direct learning with average 76,36. Based on the analysis with t-test two tail get result tcount 5,692 and ttable 1,82. Thus thitung > ttabel so H0 stating that there are different of student learning outcomes significantly between the experimental class that uses a model project based lerning the control class using model direct learning rejected and H1 which states that there is a difference in student learning outcomes were significant between experimental class using the model of project based learning with control class using direct learning accepted. (2) Student response to the application of problem based learning as a whole positive with average 82,22 % and include a very agree response criteria.

Keywords: Project based learning, learning outcome.                                                      

 

Published
2016-07-29
How to Cite
DWI RIZKYANTO, E. (2016). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK DI SMK AL-AZHAR MENGANTI GRESIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n3.p%p
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 70