PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO

  • ROJAK PRIAMBODO

Abstract

Abstrack

Penelitian dilaksanakan, dengan tujuan untuk: (1) untuk mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran kooperatif tipe MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) yang dikembangkan, (2) untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran kooperatif tipe MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) yang dikembangkan, dan (3) untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran kooperatif tipe MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) yang dikembangkan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau  Research and Development (R&D). Pengembangan perangkat pembelajaran diujicobakan kepada 25 peserta didik kelas X TITL 1 tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, bahan ajar dan tes hasil belajar siswa. Rancangan uji coba produk ini menggunakan desain penelitian one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran kooperatif tipe MURDER pada mata pelajaran memperbaiki peralatan rumah tangga listrik yang di nilai oleh validator dikategorikan valid dengan presentase 80,84%, (2) hasil belajar peserta didik yang diperoleh ketika menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif tipe MURDER menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas X TITL 1 dengan nilai ≥ 70 dari 25 peserta didik, dan aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif tipe MURDER sebesar 72,8% dengan kategori baik, dan (3) keterlaksanaan perangkat pembelajaran kooperatif tipe MURDER tergolong baik dengan rata-rata pertemuan pertama dan kedua 74,44% dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran kooperatif tipe MURDER tergolong baik dengan hasil rating 81,43%.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran kooperatif tipe MURDER, hasil belajar, dan aktivitas peserta didik.

 

Abstract

This research was conducted, with the aim to: (1) to determine the validity of the learning set cooperative type MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) which developed, (2) to determine the praticality of the learning set cooperative type MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) which developed, dan (3) to determine the effectiveness of the learning set cooperative type MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) which developed.The method used in this study was developing a research or Research and Development (R & D). The development of learning tools to students piloted X TITL 1 by the number of students 25 academic year 2015/2016. While the instruments used was the learning, teaching materials and tests student learning outcomes. The design of this study used a design research design one group pretest-posttest.The results showed that: (1) learning device building a simple electric lighting installations using problem based learning model in value by validator categorized valid with a percentage of 80,84%, (2) student learning outcomes were obtained when be taught using learning set cooperative type MURDER,the results showed that the average value of class X TITL 1 student learning outcomes with a value of ≥ 70 of the 25 students and activity by students after was learning with learning set cooperative type MURDER at 72,8% with a good category, (3) the achievement of learning set cooperative type MURDER was classified good with average the first meeting and second 74,44% and the teachers respon againt learning set cooperative type MURDER classified good with rating results 81,43%.

Keyword: learning set cooperative type MURDER, student learning outcomes and, activity by students

Published
2016-07-29
How to Cite
PRIAMBODO, R. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n3.p%p
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 19