PENGEMBANGAN BUKU SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • DESY DELLA SUSIYANI

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku siswa meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang dikembangkan pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Pengembangan buku siswa ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate, akan tetapi penelitian ini hanya sampai tahap develop. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Uji coba buku siswa dilakukan pada peserta didik Kelas X TAV 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo sebanyak 35 peserta didik. Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi buku siswa, angket kepraktisan buku siswa, dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil ini penelitian menunjukkan kevalidan buku siswa dinyatakan sangat valid untuk digunakan dengan presentase sebesar 95.83%. Untuk kepraktisan buku siswa dinyatakan sangat praktis dengan presentase sebesar 91.92%. Sedangkan untuk keefektifan buku siswa, hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan  dengan presentase sebesar 85.71%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini menghasilkan buku siswa yang layak meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Kata Kunci: buku siswa, kurikulum 2013, validitas, kepraktisan, keefektifan.

 

Abstract

This study aimed to produce the decent student book consist of validity, practically, and effectiveness which developed in Basic Electrical Engineering Subject at SMK Negeri 1 Sidoarjo. The development of the student book used 4-D model that consist of four spteps. Those are define, design, develop, and disseminate. However this study was done until develop step. This research used One-Shot Case Study design. Student book were implemented at 10th grade of TAV at SMK Negeri 1 Sidoarjo with 35 students. The instruments used were validation sheet of student book, practically questionare of student book, and student learning result test. The result of research showed that the validity of student book was very valid with a percentage of 95.83%. For the practically of student book was very practical with a percentage of 91.92%. And for the effectiveness of student book, the student learning result was completeness with a percentage of 85.71%. Based on that result, this research produces the decent student book consist of validity, practically, and effectiveness

Keywords: student book, curriculum 2013, validity, practically, effectiveness.

Published
2016-08-26
How to Cite
DELLA SUSIYANI, D. (2016). PENGEMBANGAN BUKU SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n3.p%p
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 58