PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI EVERYCIRCUIT PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • EVIE SUCI KARTIKASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan modul pembelajaran yang valid  pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika. (2) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan modul pembelajaran penerapan rangkaian elektronika. (3) Mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan rangkaian penghitung (counter) setelah menggunakan modul pembelajaran penerapan rangkaian elektronika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research And Development (R&D). Penelitian pengembangan ini terdiri atas 7 tahapan yaitu: (1) Potensi dan masalah. (2) Pengumpulan data. (3) Desain produk. (4) Validasi produk. (5) Revisi produk. (6) Uji coba produk. (7) Analisis dan pelaporan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi modul, lembar angket respon siswa, dan soal akhir pembelajaran kompetensi dasar menerapkan rangkaian penghitung (counter). Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) validasi  modul pembelajaran dinyatakan telah valid dengan hasil rating 89,86%, (2) respon siswa terhadap modul pembelajaran dinyatakan baik dengan hasil rating 84,88%, (3) hasil belajar siswa telah melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan valid, mendapat respon baik dari siswa, dan hasil belajar siswa telah melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimal.

Kata Kunci: modul pembelajaran, aplikasi EveryCircuit, penerapan rangkaian elektronika.

 

Abstract

The purposes of this study: (1) to produce a valid learning modules on the application of electronic circuits subjects, (2) to know the students response toward the use learning modules for the application of electronic circuits, (3) to determine the student learning outcomes in the basic competence of implementing counter circuit after using learning modules implementation of electronic circuits. In addition, this study uses Research and Development (R&D). This developing study consists of seven stages: (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) product validation, (5) product revision, (6) main field testing, (7) analyzing and reporting. The instruments that were used are module validation sheet, students’ questionnaire, and the students’ learning sheet based on the basic competence which applies in counter. The results show that: (1) validation of learning modules declared valid because the results of rating is 89,86%, (2) the response of students toward the learning modules expressed in the rating of 84,88%, (3) the results of students’ learning pass of the Minimum Completeness Criteria value of 100%.  Those results show that the learning module which is developed is valid, it gets positive respond from the students, and the result of students’ learning pass the Minimum Completeness Criteria

Keywords: learning module, EveryCircuit Application, implementation of electronic circuits.

Published
2016-08-26
How to Cite
SUCI KARTIKASARI, E. (2016). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI EVERYCIRCUIT PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n3.p%p
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 355