PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Rohma Eka Indri Ahadiah

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran teknik listrik. Lebih lanjut tujuan khusus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, keefektifan, dan kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan yang ada pada Research and Development (R&D), dengan subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X TAV 2 dan X TAV 3 Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Surabaya. Pada penelitian ini rancangan ujicoba yang digunakan adalah static-group pretest-postest design.Hasil penelitian ini yaitu validitas media pembelajaran yang berkategori sangat valid dengan persentase sebesar 87,49% menurut ahli media dan 88,06% menurut ahli materi. Kepraktisan media pembelajaran yang ditunjukkan dari respon siswa memperoleh tanggapan sangat baik dengan persentase 86,25%.Keefektifan media pembelajaran ditunjukkan dengan  ketuntasan klasikal hasil belajar pengetahuan kelas yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis               e-learning sebesar 93% dan kelas yang tidak diajar dengan media pembelajaran berbasis e-learning sebesar 75,87% dan keterlaksanaan perangkat pembelajaran berkategori efektif dengan rata-rata 82,42%. Sehingga dapat dismpulkan bahwa media pembelajaran berbasis e-learninglayak digunakan.

Kata Kunci: pengembangan media, media pembelajaran berbasis e-learning.

 

Abstract

This research aimed to develop the instructional media based e-learning on electrical engineering subject. Furthermore the specific purposes of this research were to describe the validity, effectiveness, and practicality of the developed instructional media.Method of this research is Research and Development (R&D), with research subjects in this study were students of class X TAV 2 and X TAV 3 Department of Audio Video SMK Negeri 3 Surabaya. In this research testing design used was static-group pretest-posttest design.The results of this research show that the validity of instructional media very valid category with a percentage of 87.49% according to media expert and 88.06% according to material experts. Practicality instructional media shown on the students responses gain excellent feedback with a percentage of 86.25% .Effectiveness of instructional media indicated by classical completeness learning outcomes of experiment classes taught using instructional media-based e-learning by 93% and control classes that were not taught by instructional media based e-learning amounted to 75.87% and the adherence to effective learning device category with an average of 82.42%.It can be concluded that the instructional media based e-learning on electrical engineering subject was effective as a instructional media.

Key Words: media development, instructional media based  e-learning.

Published
2016-08-29
How to Cite
Eka Indri Ahadiah, R. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n3.p%p
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 277