PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X SMK

  • Miftahul Hoir

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe talking stick yang valid pada mata pelajaran teknik listrik, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran teknik listrik, (3) mengetahui keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran teknik listrik. Metode yang digunakan adalah Research and Development. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 2 Bangkalan kelas X TEI yang berjumlah 38 siswa. Desain penelitian yang digunakan model one group pretest-posttest menggunakan satu kelas. Teknik analis data peningkatan hasil belajar siswa dihitung menggunakan skor Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe talking stick memiliki validitas yang tinggi. Dengan presentase nilai rata-rata RPP sebesar 83,64%, nilai rata-rata hasil rating dari LKS sebesar 85,31%, dan nilai rata-rata hasil rating LP sebesar 86,07%. (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diberikan pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Presentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan sebesar 89,47% dari 38 siswa, dan dapat dijelaskan sebagai berikut: 42,10% mengalami peningkatan hasil belajar dengan kriteria tinggi dimana koefisien skor Gain (g) > 0,7 dan 47,37% yang mengalami peningkatan hasil belajar dengan kriteria sedang dimana koefisien skor Gain (g) ≥ 0,3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% (3) Perangkat pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe talking stik sangat praktis digunakan pada kegiatan belajar mengajar dengan rata-rata total sebesar 4%.

Kata kunci: Research and Development, rangkaian induktor, valid, hasil belajar, keterlaksanaan.

Abstract

This research aims to: (1) produce a valid learning plan using talking stick type of the cooperative learning on the subjects of electrical engineering, (2) know students learning result after using cooperative learning of the talking stick type on the subjects of electrical engineering, (3) know the practicality of the  learning plan using the talking stick type in the subject of electrical engineering. The method that used in this research was the Research and Development. The subjects were students of SMK Negeri 2 Bangkalan X TEI class with 38 students. The research design was one group pretest-posttest using a single class. data analysts in analyzing improving student learning result using Gain score. The research results showed that: (1) The learning plan using the talking stick type has a high validity. The average percentage RPP is 83.64%, the average percentage LKS is 85.31%, and the average percentage LP is 86.07%. (2) The results of student learning has increased after given learning using cooperative learning of the talking stick type. Percentage of the number of students increased by 89.47% from 38 students, and it can be explained as follows: 42.10% have improved with high criteria which gain coeficient scores (g) > 0.7 and 47.37% have improved with criteria for being where the gain coeficient scores (g) ≥ 0,3 with classical completeness of 100% (3) learning plan using cooperative learning of the talking stick type is very practical to use in teaching and learning activities with an average total of 4%.

Keywords: Research and Development, electrical, validity, learning result, practical.

Published
2016-08-29
How to Cite
Hoir, M. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n3.p%p
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 25