PEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK  SMK PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013

  • HODRI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik SMK pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik berdasarkan Kurikulum 2013 (2) mendeskripsikan validitas, reliabilitas, praktikabilitas, efektivitas, dan objektivitas instrumen penilaian hasil belajar peserta didik SMK pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik berdasarkan Kurikulum 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dengan langkah-langkah penelitian yang dikembangkan oleh Naga (1992). Dalam penelitian ini terdapat enam tahapan yaitu: (1) tahap sasaran ukur atribut, (2) tahap konstruksi alat ukur, (3) tahap alat ukur hasil konstruksi, (4) tahap validasi ahli, (5) tahap sasaran ukur responden uji coba, dan (6) tahap alat ukur (untuk dipakai).

Hasil penelitian ini berupa instrumen penilaian hasil belajar peserta didik SMK pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik berdasarkan kurikulum 2013 yang diperoleh melalui proses pengembangan. Validitas instrumen penilaian yang dikembangkan berdasarkan penilaian validator adalah Valid (V) dengan rerata nilai 3,10. Validitas empiris instrumen penilaian yang dikembangkan adalah Valid (V) dengan jumlah butir soal yang diterima adalah 35 butir dan jumlah butir soal yang ditolak adalah 10 butir ditinjau dari taraf kesukaran butir (P), indeks daya beda (D), dan keberfungsian pengecoh (distractor). Reliabilitas instrumen penilaian yang dikembangkan adalah reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,782 (≥ 0,70) untuk butir soal pilihan ganda dan 0,85 (≥ 0,70) untuk butir soal esai. Praktikabilitas instrumen penilaian yang dikembangkan adalah Sangat Praktis dengan rerata nilai 3,53. Efektivitas instrumen penilaian yang dikembangkan adalah Sangat Efektif dengan rerata nilai 3,38. Objektivitas instrumen penilaian yang dikembangkan adalah Sangat Objektif dengan rerata nilai 3,58.   

Kata kunci: Instrumen Penilaian, Hasil Belajar, Dasar dan Pengukuran Listrik.

 

Abstract

This study aimed to (1) develove learning outcomes assessment instrument vocational high school students in the basic subject and electrical measurement based on curriculum 2013 (2) describe the validity, reliability, practicability, effectiveness, and objectivity learning outcomes assessment instrument vocational high school students in the basic subject and electrical measurement based on curriculum 2013. This study was a research and development, with research steps developed by Naga (1992).

In this study, there were six (6) stages, namely: (1) the stage of target measuring attributes, (2) the construction phase of the measuring devices, (3) the stage of measuring devices constructed, (4) the validation expert, (5) the target stage of measuring respondents trials, and (6) phase measurement instrument (to be used).

The results of this study were learning outcomes assessment instrument vocational high school students in the basic subject and electrical measurement based on curriculum 2013 obtained through a process of development. The validity of assessment instrument develoved according to the validator was Valid (V) with a value 3,10. The empirical validiy of assessment instrument develoved was Valid (V) by the number of items received were 35 items and the number of items rejected were 9 items in terms of level of difficulty point (P), the index of difference (D), and the functioning of distractor. The reliability of the assessment instrument develoved was reliable with reliable  coefficient 0,782 (≥ 0,70) for the multiple-choice and 0,85 (≥ 0,70) for the items essay. Practicability of the assessment instrument develoved was Very Practically with a value 3,53. Effectiveness of the assessment instrument develoved was Very Effective with a value 3,38. Objectivity of the assessment instrument develoved was Very Objective with a value 3,58.

Keywords: Assessment Instrument, Learning Outcomes, basic and electrical measurements 

Published
2016-08-29
How to Cite
HODRI,. (2016). PEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK  SMK PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n3.p%p
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 197