PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE ELEKTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATIONS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MAPEL INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 1 KEDIRI

  • RAHDIT ROCHMAD S

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar sikap, pengetahuan dan ketrampilan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Software Electrical Control Techniques Simulation dengan perserta didik yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Langsung pada mapel instalasi motor listrik. Penelitian adalah penelitian eksperimen, sedangkan desain penelitianya pre-test-post-test control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kediri dengan menggunakan kelas eksperimen yang berjumlah 29 peserta didik dan kelas kontrol yang berjumlah 33 peserta didik. Variabel bebas pada penelitian ini model PjBL berbantuan sofware EKTS dan model MPL, sedangkan variabel terikatnya hasil belajar.  Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat, lembar pengamatan hasil belajar sikap dan ketrampilan serta tes hasil belajar pengetahuan peserta didik. Analisis hasil belajar menggunakan uji-t 1 pihak kanan untuk mengungkap hasil belajar sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Hasil penelitian ini menunjukan kevalidan perangkat pembelajaran sebesar 76,38%. Untuk hasil belajar sikap signifikansi 0,000001, karena 0,000001 < 0,05 maka tolak H0. Untuk hasil belajar pengetahuan signifikansi 0,008, karena signifikansi 0,008 < 0,05 maka tolak H0. Sedangkan hasil belajar keterampilan signifikansi 0,00003, karena signifikansi 0,000003 < 0,05 maka tolak H0. Berdasarkan penetian ini didapatkan hasil bahwa hasil belajar sikap, pengetahuan dan keterampilan perserta didik yang dibelajarkan menggunakan Model Project Based Learning berbantuan Software  Electrical Control Techniques Simulation lebih tinggi dibandingkan perserta didik yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Langsung.

Kata Kunci: Model PjBL berbantuan Software  EKTS, dan Hasil Belajar Perserta Didik.

 

Abstract

The purpose of this study to analyze the results of learning attitudes, knowledge and skills of learners that learned using model-aided Project Based Learning Software Simulation Electrical Control Techniques with student participants that learned using the Learning Model Directly on maple electric motor installation. Research is a research experiment, while the design work was pre-test-post-test control group design. The research was conducted at SMK Negeri 1 Kediri using experimental classes totaling 29 students and control classes of 33 learners. The independent variables in this study the model PjBL-aided software EKTS and MPL models, while the dependent variable learning outcomes. Instrument used that device validation sheets, observation sheets attitude and skill of learning outcomes and achievement test knowledge of students. Analysis of learning outcomes using t-test one party to unveil the results of learning attitudes, knowledge and skills.These results indicate the validity of the learning device by 76.38%. Attitude to learning outcomes 0.000001 significance, because 0.000001 <0.05 then accept H1. For the study of knowledge of significance of 0.008, due to the significance of 0.008 <0.05 then accept H1. While the results of learning skills 0.00003 significance, due to the significance 0.000003 <0.05 then accept H1. Based on this Penetian showed that the results of learning attitudes, knowledge and skills of participants learners that learned to use Model Project Based Learning -aided Software Electrical Control Techniques Simulations has a higher significance than the participant students that learned to use Direct Learning Model.

Keywords: Model PjBL aided Software EKTS, and student learning outcomes.  

Published
2016-10-13
How to Cite
ROCHMAD S, R. (2016). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE ELEKTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATIONS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MAPEL INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK NEGERI 1 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n1.p%p
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 21