PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUTOPLAY PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN KONSEP ELEKTRONIKA DIGITAL DAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

  • Yongky Pratama

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran menggunakan software Autoplay yang valid pada mata pelajaran menerapkan konsep elektronika digital dan rangkaian elektronika komputer di SMK Negeri 1 Driyorejo, (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan software Autoplay pada mata pelajaran menerapkan konsep elektronika digital dan rangkaian elektronika komputer di SMK Negeri 1 Driyorejo.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat  7 (tujuh) tahapan, yaitu : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian adalah 60 siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 1 Driyorejo pada semester genap tahun ajaran 2015/2016.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas media pembelajaran berbasis Autoplay yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan persentase media pembelajaran sebesar 91,93%, dan (2) respon siswa untuk media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 86,85%.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Autoplay, Research and Development.              

Abstract

The purpose of this research was: (1) to product valid learning media used Autoplay software in the subject of applying concept of digital electronics and circuit electronics of computer in SMK Negeri 1 Driyorejo, (2)  to known the response of students to learning media used Autoplay software in the subject of applying concept of digital electronics and circuit electronics of computer in SMK Negeri 1 Driyorejo.

This research used Research and Development (R&D). Research method with 7 (seven) stages, are : (1) the potential and problems, (2) data collection, (3) the design of product, (4) design validation, (5) a revision design, (6) test product, (7) analysis and reporting. This research subject is 60 students of class X department Electrical Industrial Engineering SMK Negeri 1 Driyorejo on even semester of 2015/2016.

The result of this research shows that: (1) the validity of learning media based Autoplay is stated as “very valid” which the rating result is 91,93%. (2) the response of students to learning media used Autoplay are stated as “Very Good” which the rating result is 86,85%.

Keyword: Learning Media, Autoplay, Research and Development.

Published
2016-10-13
How to Cite
Pratama, Y. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUTOPLAY PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN KONSEP ELEKTRONIKA DIGITAL DAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n1.p%p
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 166