PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA BERBASIS 3D PAGEFLIP PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 KEDIRI

  • Adam Fatchur Rozy

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan media pembelajaran menggunakan software 3D PageFlip yang valid, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbantuan Software software 3D PageFlip terhadap pembelajaran di dalam kelas.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Teknik analisis data menggunakan analisis penilaian dari 3 validator dengan sesuai ahli bidang masing-masing. Analisis validasi media menggunakan lembar validasi media untuk mengetahui media itu valid. Analisis angket respon siswa menggunakan lembar angket respon siswa untuk mengetahui respon siswa tehadap media

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas media pembelajaran software 3D PageFlip mendapatkan skor dari validator sebesar 90,99% yang termasuk dalam katagori sangat valid artinya media pembelajaran dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran, (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis 3D PageFlip pada mata pembelajaran penerapan rangkaian elektronika mendapatkan skor sebesar 89% yang termasuk dalam katagori sangat valid, Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis 3D PageFlip sangat menarik minat bagi siswa untuk kegiatan pembelajaran.        

Kata Kunci : Media, 3D PageFlip, Valid, Respon  

 

Abstract

This research aims to: (1) To generate learning media using 3D PageFlip software valid., (2) To determine the students response to the development of media assisted learning Software 3D software PageFlip to learning in the classroom.

This research method using research and development, or research and development (R & D). Data analysis techniques using analysis ratings of 3 validator. Analysis of media validation using a validation sheet media to determine the valid media. Analysis of student questionnaire responses using sheet student questionnaire responses to determine the student response to the media.

The research results showed that: (1) The validity of instructional media 3D PageFlip software to get a score of validator of 90,99% that included in the category of very valid which means learning media can be used in learning activities, (2) The response of students to instructional media learning based 3D PageFlip on learning the application of an electronic circuit learning get a score of 89% which included in the category of very valid, It can be concluded that the media learning based 3D PageFlip so interesting for students to learning activities.

Keywords: Media, 3D PageFlip, Valid, Respon 

Published
2016-10-17
How to Cite
Fatchur Rozy, A. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA BERBASIS 3D PAGEFLIP PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n1.p%p
Abstract Views: 191
PDF Downloads: 471