PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

  • DELLA HANINRACHMA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match jika dibandingkan  dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa, (2) Untuk mengetahui respon siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match dan respon siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis True Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah siswa SMKN 2 Lamongan jurusan Teknik Elektronika Industri kelas X TEI 1 sebagai kelas kontrol dan X TEI 2 sebagai kelas eksperimen. Kemudian untuk menganalisa data digunakan uji independent sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari hasil perhitung SPSS diperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil daripada taraf nyata sebesar 5% sehingga dapat disimpulkan jika penerimaan kesimpulan jatuh pada penerimaan H1 artinya model pembelajaran aktif dengan strategi index card match berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik listrik di kelas X teknik elektronika industri SMKN 2 Lamongan. Dan hasil uji independent sample t test tersebut sangat signifikan, (2) Dari hasil angket respon siswa yang dibagikan kepada dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol, dihasilkan skor penilaian angket respon sebesar 87% untuk kelas eksperimen yang artinya sangat baik dan 74% untuk kelas kontrol yang artinya baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa respon kelas eksperimen lebih baik daripada respon kelas kontrol.

Kata kunci: strategi index card match, hasil belajar, respon siswa.            

Abstract

This research aims to: (1) To determine the influence of active learning with index card match strategy if compare with direct instruction  to student learning outcomes, (2) To determine the students response to active learning with index card match strategy and response to direct instruction. This research method is using true experimental design. Subjects in this study were students of class X TEI 2 as an experimental class and class X TEI 1 as a control class. Then the normality test, homogeneity test and t test are used to analyze the data.

The results showed that: (1) From the SPSS calculate obtainable significant value is  smaller (0,00) than alpha (µ) 0,05 so that the conclusion is accept the H1 assume that active learning witch strategy index card match influence student learning outcoumes on electrical technic subject of X TEI state vocational senior high school Lamongan. The result of independent sample t test is very significant, (2) the response of the both class experiment and control, shown that experiment class get 87% score and control class get 74% score. It can conclude if experiment response class is better than control response class.

Keywords: index card match strategy, student learning outcomes, students response. 

Published
2016-12-08
How to Cite
HANINRACHMA, D. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n1.p%p
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 38