PENGEMBANGAN  MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE ADOBE CAPTIVATE 9 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • EKA HERDYANSYAH

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen komunikasi yang sangat penting dalam pembelajaran ketika guru menyampaikan suatu materi kepada siswa di SMK Negeri 1 Sidoarjo, khususnya jurusan Teknik Audio Video. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan media berbantuan software Adobe Captivate yang valid, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbantuan software Adobe Captivate terhadap pembelajaran di dalam kelas.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Instrumen penilaian validitas menggunakan penilaian dari 4 validator dengan sesuai ahli bidang masing-masing. Validasi media menggunakan lembar validasi media untuk mengetahui media itu valid. Instrumen angket respon siswa menggunakan lembar angket respon siswa untuk mengetahui respon siswa tehadap media

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas media pembelajaran berbantuan software Adobe Captivate yang diterapkan pada mata pelajaran teknik listrik mendapatkan skor dari validator sebesar 84,20% yang termasuk dalam katagori sangat valid artinya media pembelajaran dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran, (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran berbantuan software Adobe Captivate pada mata pelajaran teknik listrik mendapatkan skor sebesar 87,28% yang termasuk dalam katagori sangat baik, Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan software Adobe Captivate yang dikembangkan valid dan mendapat respon positif dari peserta didik.

Kata Kunci : Media, Adobe Captivate, Valid, Respon 

Abstract

Learning media  is  component  of  communication  that    very  important  in  learning  when  teachers  convey   the  subject  to  student  in  SMK  Negeri  1  Sidoarjo,  particularly  in  the  Audio Video class.  This  research      aims to:  (1) generate  a valid  learning  media-assisted  with  software  Adobe Captivate, (2) To  determine the    students’s  response  to  learning media assisted  with  software  Adobe Captivate to learning in the  classroom.

This  research  method  using  research and development (R & D). Assessments instruments validity using  4   validator ratings with corresponding  expert  each. Media  validation using a validation  sheet  media  to    determine  the  validity  of   media. Instruments  of  student  questionnaire  responses  using  sheet  student         questionnaire  responses  to  determine  the  response  of students  to  media.

The results of this research showed that : (1) The validity media  learning  assisted  with  Adobe  Captivate  software  is applied  to   the  subjects  of electrical  engineering  to  get a score of  validator  of  84.20%  which  is  included  in  the  category   of    “very valid” which  means  of   learning   media   can   be  used in       learning  activities, (2)  students   Response   to   media   learning   assisted  with Adobe Captivate  software  on   the subjects of electrical engineering to get a score of  87.28% is  included in the  category  of   “very  good”,   It   can   be   concluded   that  the developed  media   learning    assisted  by Adobe Captivate   is   valid  and  received  a  positive  response  from  the  learners.

Keywords: Media, Adobe Captivate, Valid, response

Published
2016-12-19
How to Cite
HERDYANSYAH, E. (2016). PENGEMBANGAN  MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE ADOBE CAPTIVATE 9 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n1.p%p
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 609