PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN SOFTWARE ADOBE CAPTIVATE 9 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen komunikasi yang sangat penting dalam pembelajaran ketika guru menyampaikan suatu materi kepada siswa di SMK Negeri 1 Sidoarjo, khususnya jurusan Teknik Audio Video. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan media berbantuan software Adobe Captivate yang valid, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbantuan software Adobe Captivate terhadap pembelajaran di dalam kelas.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Instrumen penilaian validitas menggunakan penilaian dari 4 validator dengan sesuai ahli bidang masing-masing. Validasi media menggunakan lembar validasi media untuk mengetahui media itu valid. Instrumen angket respon siswa menggunakan lembar angket respon siswa untuk mengetahui respon siswa tehadap media
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas media pembelajaran berbantuan software Adobe Captivate yang diterapkan pada mata pelajaran teknik listrik mendapatkan skor dari validator sebesar 84,20% yang termasuk dalam katagori sangat valid artinya media pembelajaran dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran, (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran berbantuan software Adobe Captivate pada mata pelajaran teknik listrik mendapatkan skor sebesar 87,28% yang termasuk dalam katagori sangat baik, Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan software Adobe Captivate yang dikembangkan valid dan mendapat respon positif dari peserta didik.
Kata Kunci : Media, Adobe Captivate, Valid, Respon
Abstract
Learning media is component of communication that very important in learning when teachers convey the subject to student in SMK Negeri 1 Sidoarjo, particularly in the Audio Video class. This research aims to: (1) generate a valid learning media-assisted with software Adobe Captivate, (2) To determine the students’s response to learning media assisted with software Adobe Captivate to learning in the classroom.
This research method using research and development (R & D). Assessments instruments validity using 4 validator ratings with corresponding expert each. Media validation using a validation sheet media to determine the validity of media. Instruments of student questionnaire responses using sheet student questionnaire responses to determine the response of students to media.
The results of this research showed that : (1) The validity media learning assisted with Adobe Captivate software is applied to the subjects of electrical engineering to get a score of validator of 84.20% which is included in the category of “very valid” which means of learning media can be used in learning activities, (2) students Response to media learning assisted with Adobe Captivate software on the subjects of electrical engineering to get a score of 87.28% is included in the category of “very good”, It can be concluded that the developed media learning assisted by Adobe Captivate is valid and received a positive response from the learners.
Keywords: Media, Adobe Captivate, Valid, response
PDF Downloads: 609