PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA KELAS X TEI DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • DIANTIKA ROSALINA

Abstract

Abstrak

Peneitian ini dilatarbelakangi karena belum pernah menggunakan Media E-learning, selama ini proses belajar mengajar yang di lakukan di kelas masih menggunakan pembelajaran secara convensional, yaitu guru menerangkan materi dengan bantuan Power Point sehingga siswa cenderung bosan dengan kegiatan pembelajaran tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran E-learning berbasis moodle yang valid pada mata pelajaran menerapkan Dasar-dasar Elektronika (2) mengetahui kepraktisan terhadap media pembelajaran E-learning berbasis moodle pada mata pelajaran menerapkan Dasar-dasar Elektronika (3) mengetahui keefektifan terhadap media pemelajaran E-learning berbasis moodle pada mata pelajaran menerapkan Dasar-dasar Elektronika.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 3 Jombang kelas X TEI yang berjumlah 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan One Shot Case Study didalam desain ini menggunakan satu sampel sebagai pembanding. Berupa ujian online untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diukur dalam pencapaian nilai KKM yaitu 2,67 pada mata pelajaran menerapkan Dasar-dasar Elektronika.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi media pembelajaran E-learning berbasis moodle dinyatakan valid dengan hasil rating 87,90%, (2) kepraktisan terhadap media pembelajaran E-learning berbasis moodle dinyatakan baik dengan hasil rating 89,99%, (3) keefektifan siswa mencapai ketuntasan dengan rating 86%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang layak meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

   Kata kunci: Mediapembelajaran, validitas, kepraktisan, keefektifan.

Abstract

This research was motivated by the use of E-learning media yet. Along this time, teaching and learning process conducted in the classroom is still using conventional learning, teacher explains the material using Power Point so the students tend to get bored with that learning activities. This research aims to: (1) produce E-learning media based on moodle that valid on subject of Applying the Basics of Electronic, (2) determine the practicality of E-learning media based on moodle on subject of Applying the Basics of Electronic, (3) determine the effectiveness of E-learning media based on moodle on subject of Applying the Basics of Electronic. Research method used was Research and Development. The research subjects were students of SMK Negeri 3 Jombang classroom X TEI as many as 30 students. The research design used was One Shot Case Study, in this design used one sample as comparison. In form of online test to know student learning achievement that measured in KKM score 2.67 on subject of Applying Basics of Electronic. Results of the research shows that: (1) validation of E-learning media based on moodle stated valid by  rating 87.90%, (2) the practicality of the E-learning media based on moodle stated good by rating 89.99%, (3) the student effectiveness achieved completeness by 86%. Based on these results, then this research produced learning media that proper including validity, practicality, and effectiveness.

Keywords: learning media, validity, practicality, effectiveness

Published
2016-12-21
How to Cite
ROSALINA, D. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA KELAS X TEI DI SMK NEGERI 3 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n1.p%p
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 54